7-an


7-an = tujuan.

Gak semua orang tau apa tujuan hidupnya, kadang seseorang hanya punya keinginan tapi bukan tujuan. Ingin ini, ingin itu, tapi tidak ada tujuan akhirnya. Sama halnya dengan pelari yang berlari kencang tanpa tahu dimana finish-nya. Atau prajurit bersenjata lengkap yang tidak tahu siapa musuhnya.

Well, emang ga mudah untuk nemuin tujuan hidup, karena kadang kita hanya hidup sambil mencari bukan hidup dengan tujuan. Sampai kadang aku berpikir, boleh tidak kalau tujuan hidup orang itu hanya untuk membahagiakan orang tua, atau menyayangi orang tua.

Mengutip tulisan dari Bhante Uttamo:

Inilah sesungguhnya yang menjadi tiga tujuan hidup kita. Kita boleh mempunyai keinginan mendapatkan pasangan hidup, kita boleh punya keinginan untuk bekerja, kita boleh punya keinginan untuk kaya raya. Tetapi ingat, tujuan MENDAPAT hanyalah tujuan yang pertama, tujuan MEMBERI adalah yang kedua dan tujuan TERBEBAS dari keinginan mendapat dan memberi karena batin telah menjadi netral, bekerja demi pekerjaan itu sendiri seperti bunga yang mekar demi mekar itu sendiri; inilah merupakan tujuan ketiga

Lalu yang manakah tujuan hidup yang aku jalani sekarang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s