Almost 30 Notes


Akhirnya sampai juga pada usia ini, dimana setahun yang akan datang adalah usia yang sama dimana nyokap ngelahirin aku. Lalu jadi apa aku sekarang? Boleh dibilang belum ada pencapaian yang cukup berarti selain gelar master yang aku capai 2 tahun yang lalu dan komentar kagum orang sekitar tentang hobby travellingku di tahun kemarin. Sisanya semua berjalan datar-datar saja, karir masih gonjang-ganjing, pasangan hidup masih belum ketemu.

Namun, satu hal yang aku sadari di hari ini adalah aku begitu bersyukur punya keluarga yang begitu penuh perhatian dan teman-teman yang datang silih berganti. Semakin kesini, semakin banyak teman yang aku temui, aku pun semakin menyadari bahwa ada teman yang memang hadir untuk pergi sejenak dan kembali lagi, ada teman yang cuma melangkah sejenak dan meninggalkan jejak tanpa pernah kembali lagi, dan ada juga yang selalu hadir setiap saat buatku. Aku tidak perlu takut lagi kehilangan mereka, karena aku hanya perlu belajar untuk menerima bahwa tidak semua orang bisa menerima kita apa adanya, dan tidak semua orang bisa kita terima apa adanya. Meskipun untuk menyadari semua itu kita perlu melewati sebuah titik dimana kepercayaan itu menjadi barang mewah buat kita.

Seperti yang pernah aku sebut dulu, keluargaku adalah sebuah ensiklopedia kehidupan yang menunjukkan padaku banyak hal. Setiap topik dan issue hangat di keluarga selalu membuatku belajar satu hal baru entah itu untuk kehidupanku sekarang ataupun untuk masa depanku.

Well, di usia yang buat kebanyakan wanita tabu untuk diucapkan ini aku sudah merasa cukup atas apa yang aku miliki sekarang. Rasa cukup yang melapisi rasa syukur karena mungkin aku punya apa yang orang lain tidak punya. Untuk itulah aku tidak berharap yang macam-macam di usia yang akan datang ini. Aku hanya ingin menjadi manusia yang lebih baik lagi, manusia yang lebih disiplin, dan manusia yang lebih layak untuk diperjuangkan.

Welcome new decade. Hope to doing something big this year.

 

Leave a Reply

