Comfort Zone Syndrome in Late Twenties


Well, orang-orang bilang comfort zone itu adalah racun bagi kesukseskan. Ketika seseorang sudah berada di comfort zone maka mereka akan menjadi malas untuk kemana-mana. Comfort zone itu memang menjadi musuh bagi sebagian orang yang merasa perlu untuk mengembangkan dirinya menjadi semakin baik lagi.

Dulu ketika masa-masa menjalani kasus dan thesis, rasanya aku sangat berada jauhhhhhhh sekali dari yang namanya comfort zone. Segala sesuatunya terasa asing dan ada banyak sekali hal baru yang harus aku hadapi dan aku selesaikan. Di masa inilah sebenarnya aku sedang bertumbuh, aku sedang menyerap sebanyak-banyaknya pengalaman yang mungkin akan berguna di kemudian hari. Dan itu memang benar karena di masa itulah aku belajar untuk bertahan dalam situasi yang tidak nyaman, aku belajar bersabar sambil terus berusaha sampai akhirnya aku bisa meninggalkan masa-masa itu dan lulus seperti yang aku harapkan.

Yah ucapan orang-orang itu terbukti benar buatku selama 2 tahun itu, miracle is located outside your comfort zone. Lalu yang jadi pertanyaan adalah apakah seseorang bisa menjadi terlalu lelah mencari comfort zone-nya? Apakah seseorang akan mencapai titik jenuh/titik balik yang membuat mereka tidak lagi mencari segala miracle dan pertumbuhan yang ada di luar comfort zone? Entah itu ia menjadi terlalu lelah dengan segala perubahan yang ada? atau dia menjadi tidak bersemangat lagi mencari keajaiban-keajaiban yang biasanya ia cari. Ia hanya ingin duduk tenang sambil menikmati semua jerih payahnya. Tapi apakah itu wajar jika hal ini terjadi pada mereka yang mencapai usia tiga puluh pun belum? Atau inikah yang dinamakan quarter life’s crisis?

So, pada akhirnya memang good? bad? who knows? Karena segala sesuatunya selalu mempunyai dua sisi, tergantung bagaimana kita melihatnya. Kadang memang kita hanya perlu menjalani hidup ini apa adanya dan menikmati apapun yang kita hadapi.

Jia you!

Leave a Reply

