The Festive, The Tradition, The whatever about Family


Bagi aku dalam satu tahun itu ada 3 kali masa membuat resolusi, doa, harapan atau apapun itu. Yang pertama adalah tahun baru 1 Januari. Kalau ada resolusi yang tertinggal, aku masih berkesempatan untuk membuat resoulsi ketika Chinese New Year. Yang berikutnya adalah saat ulang tahunku di bulan April.

Seperti biasanya, resolusi ini berupa doa dan harapan aku di tahun yang baru. Biasanya juga aku beresolusi diiringi doa dari orang-orang di sekitarku yang kurang lebih mungkin ada yang sama dengan resolusi yang aku buat di moment tersebut. Well, begitu pun di tahun ini, rasa-rasanya aku lebih banyak menerima doa dari orang-orang di sekitarku.

Kalau biasanya moment kumpul keluarga jadi momok menakutkan buat yang single karena akan ditanya seputar pasangan, tahun ini berubah menjadi harapan. Seperti misalkan harapan dari para tetua bahwa tahun depan sudah harus bagi angpao, bukan menerima angpao. Selain itu ada pula harapan bahwa tahun depan bisa punya rumah dan mobil. Karena wujudnya harapan, dan bukan pertanyaan retoris maka ngedengernya pun lebih enak. Ketika ngedengernya enak, maka harapan itu pun bisa diresapi sehingga kita seolah lebih termotivasi untuk mewujudkannya.

Tradisi lain yang juga sangat kental dalam moment tahun baru adalah tradisi kumpul keluarga. Tidak hanya di China, namun hampir di seluruh negara, orang akan berkumpul dengan keluarganya untuk merayakan tahun baru. Kumpul keluarga yang seiring dengan berjalannya waktu akan membuat kita memaknainya dengan cara yang berbeda dari tahun ke tahun. Yang jelas ini hanyalah tradisi dari sebuah festival yang mencoba menarik kita dari kesibukan sehari-hari sepanjang setahun itu kembali pada asal kita, kembali ke rumah kita.

Home is a place when love is the foundation ^^

Happy Chinese New Year! Please welcome the Goat Year🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s