Management


Dari dulu sejak sekolah, pelajaran tentang manajemen masuk di mata pelajaran Ekonomi. Sekedar pembahsaan mengawang-ngawang yang diajarkan ke anak SMP/SMA yang bahkan membayangkannya saja agak sulit, kecuali dikasih contoh ketua kelas dan murid-murid di kelasnya. Tapi sayangnya zaman aku sekolah belum ada guru yang cukup kreatif memberi contoh. Ketika di SMA, aku cukup salut dengan Ibu Anastasia yang mencoba membuat pelajaran ekonomi jadi lebih menyenangkan dengan beragam teknik. Meskipun lagi-lagi contoh yang diberikan kadang kurang kongkrit.

Masuk ke kuliah, aku ketemu lagi dengan mata kuliah Dasar-dasar manajemen yang berlanjut ke Psikologi Industri Organisasi (PIO). Dimana, pembahasan menjadi lebih dalam dan luas ketika masuk di kuliah. Aku suka sih, tapi niatku belum kesana ketika itu karena aku pun berpikir kalau aku gak mungkinlah jadi manager. Tapi semua itu berubah ketika pelan-pelan aku mulai aktif terlibat di kegiatan organisasi kampus yang membuatku bertemu dengan banyak orang. Dalam situasi sosial seperti ini, mau tidak mau kemampuan manajemen pun muncul. Setiap orang dituntut untuk dapat mengelola kehidupannya, baik pribadi maupun dalam kelompok.

Awalnya aku cukup senang karena sedikit banyak pengalaman manajemen yang aku dapatkan di kampus membuat aku tidak terlalu mengalaim culture shock di dunia kerja. Tapi ternyata seiring dengan berjalannya waktu permasalahan yang aku hadapi pun semakin kompleks dan beragam kadang ada yang tidak bisa diselesaikan dengan pengalaman-pengalaman yang aku dapatkan selama ini. Aku pun kembali harus belajar lagi, kembali mencoba mengenali diri lagi tentang kelemahanku. Really a week full of lesson.

Leave a Reply

