Welcoming 2015!


Terima kasih 2014 untuk menjadi sebuah tahun yang begitu lengkap, yang kurang lebih mirip dengan 2013 yang lalu. 2014 ini aa take and give, ada yang datang dan ada yang pergi. 2014 ini juga jadi pembuktiaan bahwa pencapaian demi pencapaian itu pada akhirnya aku membawa kita pada situasi dimana kita harus menjaganya dengan baik. It’s not only how to get but how to maintain.

2014 in review

Januari

2 January 2014, dalam suasana makan siang bersama keluarga, aku menerima telepon dari my former manager. Sebuah tawaran kerja yang pada akhirnya aku terima. Bulan ini jadi bulan yang padat buatku, selain ujian akhir thesis dan segala persiapannya. Aku juga menghadiri beberapa interview kerja. Really a good way to entering a new year.

Februari

Februari aku lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga ditambah kehadiran baby dari koko yang sangat ditunggu-tunggu keluarga kami. Seneng banget rasanya punya ponakan asli dari saudara kandung sendiri.The baby girl is so pretty and cute. Di bulan ini pula aku bersiap menerima persahabatan yang baru dari orang-orang kantor baru. Aku belum resmi bekerja tapi aku sudah ikut terjun ke salah satu event kantor. Di bulan ini juga tawaran kerja dari BCA muncul dan sempat membuat aku pusing 7 keliling.

Maret

New month with new job. Really can’t describe my feeling this month. Aku resmi bekerja di kantor aku yang sekarang dengan segala passion aku. Di sisi lain BCA masih menawarkan segala pesonanya namun bukan dengan posisi yang aku ingingkan. Really a hard time to decide. Pusing, takut dan aku tidak berani membayangkan apapun resiko dari setiap pilihan yang aku ambil. Maafkan aku mama karena kali ini aku harus mengecewakanmu dengan tidak memilih pilihanmu. Tapi saat itu aku yakin aku dapat berjuang dan berusaha untuk bisa sukses di jalurku sendiri. Sometimes High risk followed by high return.

April

April really a roller coaster month for me. Ditinggalkan HRD sebelumnya di kantor dengan segala ketidaksiapan aku menerima pekerjaan yang sangat aku hindari. Bulan ini juga aku disumpah untuk menjalani profesi sebagai Psiklog sekaligus wisuda. Different bday karena aku berada dalam lingkungan baru yang belum mengetahui bday aku. Tapi akhirnya mereka memberikan suprise yang cukup mengesankan. Ada satu pelajaran berharga yang aku dapatkan di bulan ini bahwa kita harus menghargai setiap detik waktu bersama dengan orang-orang yang kita cintai, meskipun kadang kita harus mengorbankan satu hal lainnya.

Mei

14 tahun kerusuhan Mei 1998, bertepatan dengan ramai-ramai pilpres yang mencalonkan salah satu tokoh yang paling santer dibicarakan kalau lagi ngomong soal kerusuhan itu. Banyak orang yang lantas membuka kembali catatan hitam sejarah tersebut, tapi banyak juga orang yang bersedia menerima kembali tokoh tersebut. 1-2  bulan ini belajar tanggung jawab baru di kantor, termasuk tanggung jawab terhadap seluruh dapur karyawan yang akan berimbas kalau sampai aku telat hitung payroll.

Juni

Baliiiii Here I come! Tapi kali ini untuk business trip dan hanya satu malam. Really a hard thing to do to be a leader, the title itslef doesn’t ensure that u already had the capabilitites to be in that position. Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi dan aku pun belajar bahwa untuk menjadi leader itu seseorang tidak hanya cukup punya otak yang pintar tapi dia juga harus punya attitude.

Juli

Can’t think that politic can be this interesting. Pilpres yang akhirnya membuat ramai dunia sosmed maupun berita-berita. Akhirnya Indonesia memilih seorang Presiden yang berbeda dari biasanya, seorang tukang kayu yang merakyat dan bukan dari militer. Bulan ini juga menjadi awal your de’ hospital sampai 2 bulan ke depan. Diawali ke rumah sakit karena koko nabrak motor, di lanjutkan besoknya karena Kuku Gede sakit.

Agustus

Pertama kali mecat orang dan pertama kali get overwhelmed dengan berbagai pelajaran baru di kantor. I have one coach that inspire me much in office. Well rasanya ketemu ama orang yang “batu” itu kadang bikin gemes pengen maki-maki orang itu. Belum lagi kegiatan cari muka yang jadi hobi tetap orang itu.

September

Kehilangan 3 orang anggota keluarga dekat, membuat aku speechless. Sebuah pelajaran untuk percaya pada takdir dan percaya pada muzijat. Di bulan ini pun kerjaan di kantor sedang turun naek. Really can’t describe this month padahal 10 tahun yang lalu bulan ini menjadi bulan di mana aku mengawali kehidupan rantauku di Beijing.

Oktober

Bali again!! Yes aku ke Bali lagi untuk acara pernikahan sepupu aku yang ototmatis satu keluarga besar pun pergi. Lagi-lagi Bali membuat aku belajar, kali ini belajar untuk jadi tour guide meskipun aku sendiri belum jelas di Bali ada tempat enak apa aja untuk orang tua bersantai. Unexpected trip juga terjadi bulan ini, naek becak dari stasiun Cirebon sampai akhirnya naek bus menuju Tanjung. Selain itu, di kantor aku mengalami sebuah dilema maha dahsyat dalam menjalani peran aku yang multi peran.

November

Was it a special month? Yes it was. Special karena di bulan ini aku merasakan dilema atasan-bawahan. How to keep close with employee but still doing a right thing for company. Ada banyak ketakutan aku di bulan ini karena satu dan lain hal yang berhubungan dengan kerjaan, tapi di bulan ini aku belajar untuk selalu menjadi lebih baik di setiap kesempatan. Tapi di sisi lain, aku bersyukur karena aku punya keluarga dan childhood mate yang selalu bisa membuat aku tersenyum kembali meskipun aku sedang pusing kerjaan. Ahok yang menjadi Gubernur Jakarta di bulan ini rasanya menjadi role model yang baik buat aku untuk belajar tegas.

Desember

A month full of experience and positive surrounding. Bulan ini kerjaan mulai sibuk mendadak, tapi di satu sisi ada rasa jenuh juga apalagi ada kasus efisiensi tenaga kerja yang membuat aku mengalami sebuah peristiwa luar biasa. Di bulan ini juga aku tidak berhenti belajar, belajar arti tanggung jawab, belajar mengambil keputusan, dan berbagai peran manajemen lainnya. Really a tough month but I really appreciate this month. Family gathering pun jadi momen aku menutup tahun ini. Berharap kehidupan yang lebih baik dan lebih bermakna.

Begitulah 2014 aku jalani dengan berbagai kejadian dan pengalaman. Aku menutup tahun 2014 dengan sebuah perenungan akibat peristiwa kecelakaan Air Asia QZ 8501 dan office lunch terakhir di 2014. Hari itu aku makan siang dengan beberapa teman kantor di kantin Atma Jaya which is ini adalah kantin yang sebelahnya merupakan Rumah Duka. Tiba-tiba hari itu terbersit pemekiran bahwa bagi mereka yang sedang berduka hari itu bukan lagi menjadi malam pergantian tahun begitu pula dengan para keluarga korban Air Asia. Sebuah perenungan bahwa hidup itu sangat tidak dapat diprediksi dan kita sebagai manusialah yang harus terus berjuang menghargai setaip detik waktu kehidupan untuk diisi dengan hal berharga untuk orang-orang yang berarti untuk kita.

Ngomongin tahun baru, ngomongin juga soal resolusi. Mungkin di 2014 ini aku tidak berharap banyak dan hanya fokus pada 2 wish. Wish untuk mengenapi resolusi berulang dan wish untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Bagiku sendiri, 2014 ini menjadi tahun berpikir karena aku lebih banyak berpikir dan mendapat pencerahan daripada melakukan sesuatu yang bearti besar. Ada beberapa hal yang sangat ingin aku lakukan di 2015 dan semoga aku dapat melaksanakannya dengan baik:

1. Blog Rumahjalan

2. Korea and FIlipina Trip

3. More time with family

4. More discipline for me

5. Belajar ngatur keuangan

6: Family Trip

7. Memenuhi resolusi berulang

Setidaknya tujuh hal ini menjadi penyemangat aku untuk menjalani tahun 2015 dengan lebih baik lagi. Tentunya aku tetap berharap aku bisa menjalani kehidupan yang berguna untuk orang-orang di sekitarku, keluarga, sahabat, karyawan, bahkan orang yang tidak aku kenal sekalipun.

Terima kasih untuk 2014 yang begitu penuh lika-liku dan juga penuh dengan berkah.

Hi 2015, Welcome to my life! I’m ready..

Leave a Reply

