Everyone has Their Own Problem


Jumat kemarin, jadi salah satu Jumat yang cukup berkesan buatku, Jumat yang menjadi kelanjutan dari pelajaran yang aku dapatkan beberapa hari sebelumnya.

DI hari Jumat ini aku dihadapkan pada kenyataan bahwa social support adalah salah satu hal paling penting yang dibutuhkan seseorang ketika menghadapi sebuah peristiwa yang menyakitkan. Kenyataan bahwa kita mengetahui ada orang lain yang memiliki nasib lebih buruk dari kita, dan juga kenyataan bahwa kita bisa membenamkan bahu kita untuk meluapkan segala perasaan tidak enak yang ada, adalah sebuah anugerah yang sangat bermakna bagi mereka yang sedang menghadapi masalah dalam hidup.

Suatu berkah lain yang juga patut aku syukuri adalah di tengah pekerjaan yang sedang kurang baik buatku, aku ada di sana untuk menjadi pegangan buat beberapa orang yang sedang butuh pegangan. Meskipun sayangnya aku menjadi pemberi kabar yang membuat mereka membutuhka pegangan. Tapi di sisi lain, akulah orang pertama yang bisa mereka gapai ketika mereka tidak sanggup lagi berdiri sendiri. Beberapa reaksi emosi aku saksikan hari itu, reaksi emosi yang mungkin bisa juga mereka sembunyikan jika mereka sanggup. Reaksi emosi inilah yang membuat aku sadar kalau setiap orang dapat menyikapi hal yang sama dengan cara yang berbeda. Semakin dewasa seseorang, maka semakin pandailah seharusnya ia mengelola emosinya. Rasanya keadaan emosional ku yang kurang baik hari itu, dapat aku redam sedikit banyak ketika aku harus menjadi pegangan bagi mereka.

Thanks for this nice experience.

Leave a Reply

