It’s about Work


Rasanya baru kemarin aku disumpah untuk menjalani profesi sebagai Psikolog. Rasanya baru kemarin aku dapat wejangan dari dosen penguji ujian profesi. Dan rasanya baru kemarin aku melewati perjalanan yang berliku untuk bisa lulus.

Beberapa bulan terakhir, pandanganku seolah dibukakan dengan berbagai kenyataan di lapangan. Kerjaanku sekarang bukan lagi pure recruitment yang hanya menangani recruitment dan assessment. Kerjaanku sekarang bukan lagi hanya sebatas anak magang yang tidak tahu apa-apa di belakang layar. Kerjaanku sekarang bukan lagi hanya mengurusi orderan barang pesanan dari marketing. It’s further dan that. Jauh melebihi apa yang sudah aku jalani sebelumnya. Aku harus berhadapan dengan tangan-tangan besi penguasa sekaligus tangis air mata dari para karyawan yang merasa diperlakukan tidak adil. Well, aku bukan berlebihan kalau aku menggambarkan kerjaanku sekarang dengan seperti ini, karena memang ini yang aku hadapi. Like people always said, change it’s hurt, change it’s not easy. Ketika kita masuk ke dalam sebuah tempat baru, dan kita harus membangunkan mereka dari tidur panjang mereka rasanya pasti sama seperti kita membangunkan macan tidur. Bisa jadi macan itu marah dan langsung menerkam kita, atau macan itu terlalu “batu” yang hanya melek sedikit dan kembali melanjutkan tidur lagi.

Dunia kerja itu bukan hal yang menyenangkan, bukan juga hal yang menyedihkan. Dunia kerja itu tempat kita belajar banyak hal baru, dunia kerja itu bukan untuk sekedar mencari uang (meskipun mungkin hal ini masih menjadi prioritas utama).

bridges

Well, aku tidak tahu seberapa bertahan aku di dunia kerja seperti ini? Dunia kerja yang menempatkanku pada posisi dengan multi peran. Peran sebagai karyawan, peran sebagai manajemen, dan juga peran sebagai penegah keduanya. I’m a bridge but the bridge is must strong enough or else the bridge will be harmful.

One thought on “It’s about Work

Leave a Reply

