Unexpected Trip


Unexpected trip kali ini tujuannya adalah untuk kondangan sodaranya mama di Cirebon. Seperti biasa, kalau kondangan di Cirebon, kami pasti nginep di Tanjung, Brebes rumahnya Ema. Cirebon-Tanjung itu jaraknya sekitar 30 km atau 1 jam perjalanan. Dari Jakarta biasanya kami akan naik mobil pribadi atau kalau tidak biasanya kami akan naik kereta. Untuk keretanya ada dua pilihan, kereta yang turun di Cirebon atau kereta yang langsung turun di Tanjung. Biasanya kalau turun di Cirebon, kami akan di jemput sama Engku (adiknya mama), tapi kali ini karena satu dan lain hal, kami tidak bisa dijemput. Dan disinilah dimulai perjalanan yang tidak terduga ini.

Hari itu kami naik kereta pagi-pagi sekali jam 6.20 dari Jakarta, sampai di Cirebon jam 9 lebih sedikit. Sesampainya di stasiun Cirebon, kami disambut udara pagi yang cukup terik, matahari bersinar cukup kencang meskipun saat itu masih jam 9. Kami memutuskan naik becak dari stasiun kereta menuju pangkalan bis antar kota yang akan membawa kami ke Tanjung. Sebenarnya kami bisa menyewa mobil carteran seperti taxi untuk sampai ke Tanjung, namun harganya relatif cukup mahal sekitar 200rb rupiah untuk sekali jalan. Perjalanan dengan becak yang kami tempuh tergolong jauh ditambah udara terik yang serasa menusuk kulit, membuat perjalanan ini terasa sangat melelahkan. Well, kasihan abang becaknya juga, udah mana panas, jauh lagi. Akhirnya mama kepikiran untuk membelikan abang becaknya minuman dingin di mini market terdekat selain membayar tarif 25rb rupiah untuk dua becak.

Selepas perjalanan dengan becak itu, kami melanjutkan dengan bis antar kota yang tujuan akhirnya adalah Semarang. Abang becak yang kami naiki sempat bertanya apakah kami ingin naik bis AC atau bis biasa. Dia pun menyarankan agar kami naik bis AC. Sempet kepikiran mungkin si tukang becak memang sudah bekerja sama dengan supir bis tersebut. Hal ini semakin kuat ketika beberapa penumpang mulai kasak-kusuk karena tarif bis yang kami naiki ini bisa berbeda-beda. Bahkan untuk yang tujuannya lebih jauh dari kami bisa membayar lebih murah daripada kami. Whew! That’s why aku bilang transport system di Indo masih jauh dari negara-negara laen. Selain masalah tarif yang berebda-beda itu, bis ini juga sering banget ngetem di untuk menaiki penumpang. Satu-satunya “hiburan” yang ada di bis ini adalah TV yang memutarkan video klip lagu-lagu Indonesia dengan tema religi. Aku tida begitu menonton tv itu karena aku sempat tertidur sampai akhirnya sampai di tempat tujuan. Namun, sebelum tidur, aku sempat mendengar ada lagu Fatin dan lagu Indonesia Jaya milik Hanura yang sering diputar ketika masa kampanye kemarin. Yang menarik dari lagu Hanura adalah ternyata lagu yang populer di masa kampanye ketika itu berusaha untuk masuk ke masyarakat kecil di seluruh pelosok Indonesia melalui bis-bis seperti ini. Aku yakin ini tidak hanya diputar di satu bis saja, tapi di bis-bis lain yang serupa.

Kurang lebih satu jam kami akhirnya sampai di Tanjung, dan dengan seketika aku langsung tertidur sampai jam 3 sore. Really a sleepy day!! Hari itu pun aku tutup dengan kondangan di Cirebon lagi. Pesta pernikahan dengan tema orange nuansa Jakarta. Also the Bride and Groom really looks so lovely.

Pagi-paginya Aku harus terbangun pagi sekali untuk mengejar kererta yang lagi-lagi jam setengah 7-an. Menuju stasiun Tanjung yang hanya berjarak beberapa meter dari rumah dengan becak. Semilir angin segar yang bertiup menyentuh muka yang masih setengah mengantuk selama naik becak itu rasanya benar-benar tak bisa terdeskripsikan. Seger.. seger gimana gitu. Sesuatu yang gak mungkin bisa dirasain di Jakarta. Sesuatu yang gak mungkin bisa dibeli pake uang (meskipun naik becak tetap musti bayar).

Really an unexpected trip!

Wishing to have another unexpected trip. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s