Bersyukur


Kembali ke dunia recruitment, mempertemukan aku lagi dengan berbagai jenis karakter pencari kerja. Dari mereka yang sangat butuh kerja sampai mereka yang jual mahal ditawarin kerja. Jumat yang lalu, tepat seminggu kembalinya aku ke dunia recruitment. Mendadak ada permintaan OB dari salah satu user. Setauku OB itu biasanya outsource atau disediakan oleh lembaga khusus penyalur OB.

Permintaan ini spontan membuat aku berpikir keras dari mana harus mencari kandidat. Apalagi satu-satunya sumber aku saat ini adalah dari Jobsdb.com yang biasanya berisi jobseeker dari kelas sosial menengah. Memang sih ada satu dua orang yang melamar sebagai OB, namun gaji yang mereka harapkan di atas batas kemampuan perusahaan. Jadilah aku memutar otak dan mencoba mengetik kata kunci lowongan pekerjaan di google. JRENG! JRENG! Munculah berderet halaman internet sehubungan dengan lowongan pekerjaan. Namun, berniaga.com menjadi satu-satunya website yang menarik aku karena setahuku situs ini adalah untuk berdagang.

Ternyata dari situs ini muncullah beberapa nama yang melamar sebagai waiter maupun OB. Aku sangat terkejut dengan fenomena ini, karena ternyata banyak orang yang mencari kerja di situs ini. Salah satu alasan mereka memasang iklan disini adalah karena mereka hanya memiliki ijazah SMP atau bahkan ada yang tidak tamat SMP. Which is keadaan ini tidak memungkinkan mereka untuk melamar melalui situs pencari kerja sejenis jobstreet,  jobsdb, dll. Ada pula mereka yang menulis di profilnya kalau mereka sangat butuh kerja dan mereka bersedia bekerja apa saja.

Aku berasa tertohok dengan pengalaman ini, ternyata ada banyak orang yang sangat membutuhkan pekerjaan, di saat aku bergalau-galau ria karena tawaran pekerjaan. Ada banyak orang yang rela melakukan apa saja demi bisa bekerja. Sudah selayaknya aku bersyukur dan memaknai setiap pekerjaan yang aku lakukan.

Leave a Reply

