Percaya saja, Yakin saja, Bersyukur saja..


Aku bukan orang yang mudah dalam menentukan pilihan. Dilema kritis galau stadium akut mungkin jadi istilah yang tepat untuk menggambarkan kondisiku ketika aku dihadapkan pada pilihan yang menurutku krusial untuk kelanjutan hidupku. Dalam 2 bulan ini, seolah aku tidak dibiarkan istirahat dalam memilih. Satu selesai, datang satu lagi begitu terus. Berulang kali aku yakinkan diri aku bahwa semuanya akan baik-baik saja dan tidak baik kalau aku terlalu memikirkan hal ini. Tapi tetap saja pikiran ini bisa mucul tiba-tiba, mengurangi waktu tidur, megurangi nafsu makan, dll. Sesekali pun datang pikiran ingin rasanya semua cepat berlalu dan aku tidak perlu memilih, tapi tetap saja masih terasa ada yang mengganjal.

Berulang kali aku begitu mantap dengan pilihanku, namun tiba2 aku goyah. Omongan orang disekelilingku dan pikiran ku tentang omongan orang yang sebenarnya belum tentu ada, selalu saja membuatku goyah sesekali. Sehingga quotes dari Steve Jobs seolah sangat kena buatku.

“Don’t be trapped by dogma—which is living with the results of other people’s thinking. Don’t let the noise of other’s opinions drown out your own inner voice. And most important, have the courage to follow your heart and intuition. They somehow already know what you truly want to become. Everything else is secondary.” -Steve Jobs-

Mungkin aku memang perlu belajar untuk tidak terlalu mendengarkan kata orang dan mengikuti kata hatiku. Meskipun kadang aku merasa takut jika ternyata kata hati aku terlalu terpengaruh oleh ego-ku. Takut membuat keputusan yang jadinya mengecewakan pihak lain, terutama orang-orang yang aku sayangi. Pada akhirnya aku pun terpengaruh pada quotes di atas, aku memutuskan mengikuti kata hatiku setelah mencoba melihat semua sisi dari setiap pilihan yang ada. Mungkin ada benarnya juga quotes tersebut, karena ketika kita mengikuti kata hati kita, memilih apa yang kita inginkan, kita pun akan berusaha sekuat tenaga untuk melakukan yang terbaik. Mengerahkan seluruh kemampuan kita untuk menjadi sukses.

Sampai saat ini pun semuanya masih terasa blur, bahkan ketika aku sudah benar-benar menjalani apa yang aku pilih. Masih banyak hal yang belum dapat kubayangkan ataupun kulakukan. Aku hanya berusaha untuk percaya kalau ini memang jalanku. Aku hanya berusaha untuk yakin kalau aku bisa melakukan yang terbaik. Sambil tetap bersyukur atas apa yang aku miliki dan apa yang aku jalani. Karena mungkin di saat ini, masih ada orang yang berharap menjadi seperti aku. Karena mungkin di saat ini juga, aku telah memiliki apa yang mungkin belum dimiliki orang lain.

Percaya saja, yakin saja, bersyukur saja karena setiap jalan yang kita tempuh tidak selamanya mulus.

Thanks God for this amazing Life🙂

Leave a Reply

