Jodoh itu…


Menyambung pembicaraan mengenai resolusi tahun baru yang marak dibicarakan dimana-mana di awal tahun ini, topik ini rasanya menjadi salah satu topik yang cukup banyak dibicarakan. Banyak orang yang ber-resolusi untuk berjodoh di tahun yang baru ini. Mendengar kata jodoh, buat sebagian orang pasti akan mengidentikannya dengan pasangan hidup. Meskipun sebenarnya kata jodoh ini applicable untuk banyak hal.

Jodoh itu mungkin bisa diartikan sebagai takdir, nasib, rencana Tuhan, buah Karma, dan lain sebagainya. Jodoh inilah yang membuat banyak hal mustahil menjadi mungkin, dan hal yang menurut kita mungkin menjadi mustahil. Kita sendiri tidak akan pernah bisa menebak bagaimana cara jodoh ini bekerja. Aku sendiri mempercayai jodoh ini bisa jadi adalah hasil jerih payah kita, ada hal-hal tertentu yang membuat kita bertemu dengan sesuatu (orang, kerjaan, tempat, dll) yang kita sendiri gak tahu itu apa.

Ketika kita memang berjodoh dengan seseorang, ataupun misalkan dengan suatu pekerjaan seolah seluruh semesta akan mendukung kita menemukan jalannya. Namun, ketika kita belum berjodoh dengan hal tersebut cara apapun yang kita usahakan tidak akan mungkin bisa bekerja dengan baik. Aku sendiri percaya ikatan jodoh itu tidak kekal, apapun bentuknya selalu akan ada masa [i]expired[/i] untuk segala sesuatunya. Ketika mungkin ikatan jodoh itu sudah habis waktunya, maka jalan yang tadinya mungkin terbuka lebar buat kita bisa jadi tertutup. Ataupun ketika ikatan jodoh sudah terjalin, maka jalan semustahil apapun bisa terbentuk.

Quarter’s Life itu adalah saat dimana jodoh menjadi begitu akrab dengan manusia. Di saat itu seolah ada banyak pilihan hidup bagi seseorang yang akan menentukan kelanjutan hidup mereka. Di antara sekian banyak pilihan hidup yang dihadapi inilah ikatan jodoh bekerja. Entah itu jodoh akan pasangan hidup  yang dinanti-nantikan, pekerjaan idaman yang dimimpi-mimpikan, rumah impian yang dibayangkan, dan lain sebagainya. Ada banyak pilihan, ada banyak pertimbangan, di situlah jodoh akan bekerja dengan segala jerih payah kita.

Selamat menemukan jodoh-mu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s