22.12.13


Another hari Ibu in my Life.

Hari ibu kali ini aku merayakannya dengan berbeda. Tidak ada kehebohan bikin onde seperti tahun-tahun sebelumnya yang aku ingat. Meskipun tidak selalu bikin onde, tapi paling tidak ada tahun-tahun dimana aku akan melakukan ritual ini bersama dengan keluarga dari papa. Tahun ini, aku melewatinya dengan keluarga dari mama. Such really a rare things, bisa kumpul semua seperti itu. Hari itu memang ada acara kawinan salah satu saudara jauh (yang cukup dekat) dari mama. Jadilah mama, dan adik-adiknya serta anak-anaknya berkumpul di rumah Ema.

Ibu buat mama dan adik-adiknya tentu berbeda dengan ibu pada umumnya, namun meskipun begitu aku dapat melihat betapa mereka sangat menyanyangi  Ema. Dari mama-lah aku belajar bagaimana sulitnya posisi sebagai anak yang merantau. Ema juga bukan ibu yang bisa memprotes anak-anaknya yang jarang pulang.

Ada banyak cara untuk menyayangi seorang ibu, namun aku yakin semua ibu cuma ingin satu hal dari anaknya yaitu melihat anak-anaknya bahagia. Kebahagiaan anak yang meskipun itu berarti pengorbanan ibunya yang mungkin menjadi jauh dari anak-anaknya.

Keluarga mama memang keluarga sederhana, keluarga yang dibangun atas dasar perjuangan untuk hidup yang lebih baik. Namun kesederhanaan itulah yang membuat mereka tidak pernah lupa untuk mensyukuri setiap hal yang mereka miliki.

Thank’s mom for such a beautiful lesson🙂

Leave a Reply

