New Day Has Come


Bulan ini hampir habis seminggu lagi, bayangan tentang deadline pun kembali memenuhi setiap rongga otakku. Well, hidup dibayangi deadline memang tidak enak, mau fokus pun jadi tidak bisa. Begitulah aku menghabiskan sebulan terakhir, tidak bisa fokus, tidak berani berharap, dan tidak berani membayangkan masa depan. Aku begitu takut membuat rencana, aku begitu takut membuat janji karena aku tidak mau mengecewakan dan dikecewakan oleh janji yang aku buat sendiri.

 

Kesannya menyedihkan memang, namun ternyata aku belajar sesuatu dalam kondisi ini. Dalam pikiran yang tidak menentu karena deadline dan hal-hal lain yang aku alami, aku cuma bergantung pada keyakinanku kalau semua ini akan berakhir. Keyakinan ini membuat aku berusaha bergerak, sesedikit apapun gerakanku. Sampai akhirnya aku sadar kalau harapan itu masih ada, dan di pertengahan minggu ini pun aku bertemu lagi dengan harapan itu bahwa aku akan menutup semua ini dengan baik.

 

Mungkin ini pula yang dirasakan oleh pasien-pasien penyakit terminal seperti kanker dan sejenisnya. Ketika mereka tidak lagi yakin penyakitnya akan sembuh, maka harapan untuk hidup pun akan semakin kecil. Ketika mereka merasa harapannya kecil maka merekapun kehilangan semangat untuk melakukan apa-apa demi kesembuhan mereka. Itulah kenapa banyak dokter yang menyarankan agar pasien terminal tetap menjalani harinya dengan keyakinan bahwa penyakitnya akan berangsur membaik.

 

Terima kasih September dan Oktober untuk hari-hari yang kujalani dengan keyakinan walalupun aku tidak berani berharap. Semoga aku benar-benar dapat mewujudkan harapanku, dan November pun menjadi Lovely month lagi.🙂

Leave a Reply

