Things to do at Puncak


Puncak adalah salah satu tempat wisata favorit orang-orang Jakarta yang ingin merasakan hawa pengunungan. Jadi ga heran kalau setiap hari libur puncak selalu dipadati warga Jakarta. Namun, ternyata di hari biasa pun terlihat beberapa orang yang seperti pekerja kantoran di puncak.

Sebagai orang yang sempat merasakan setahun minimal 2x rutin ke puncak selama 4 tahun berturut-turut, aku melihat ada banyak sekali perubahan di sepanjang jalan puncak. Terlihat banyak bangunan-bangunan baru dan resotran yang semakin menjamur. Kepergianku hari itu ke puncak adalah tanpa tujuan menginap. Jadilah aku dengan 4 orang saudaraku yang lain menghabiskan waktu sehari kami di puncak untuk kembali lagi ke Jakarta malam harinya.

Bagi teman-teman yang memang hanya ingin ke puncak dalam satu hari, berikut adalah tempat berhenti yang bisa disinggahi sekedar untuk mengisi perut atau nongkrong-nongkrong santai.

1. Starbucks Simpang Gadog

Saat keluar dari tol jagorawi, bangunan Vimala Hills dengan simbol Starbucks di depannya. Aku sampai di tempat ini malam hari menjelang pulang, suasana nyaman dari kedai kopi ini langsung terasa saat aku menginjakkan langkah pertamaku di tempat ini. Tempat ini terbagi menjadi indoor dan outdoor. Secara kasat mata, ruangan indoor ini terbagi dalam 3 kelompok tempat duduk yang dibedakan dengan jenis kursi. Di sebelah kanan pintu masuk ada kursi dengan bantalan sofa dengan kapasitas 6 orang. Di sebelah kiri pintu masuk ada kursi panjang menempel tembok dengan kursi-kursi diseberangnya dengan dua meja yang berkapasitas 4 orang. Selain itu, di hadapan pintu masuk ada juga 4 kursi dengan satu meja. Masih di tengah ruangan, di seberang kasir terdapat satu meja panjang dengan kursi bar yang di sampingnya diletakkan rak buku dan majalah. Lampu yang digunakan di ruangan ini dan suasana hangat nya pun membuat ruangan ini semakin terasa cozy untuk duduk bersantai sambil menyesap minuman favorit pilihan. Di luar ruangan ada beberapa kursi dengan payung yang menghadap ke bagian penginapan, cocok untuk mereka yang ingin menyesap kopi sambil menikmati hawa sejuk pegunungan.

Ruang Indoor
Ruang Indoor

2. Jangkar Restoran

Nuansa tempo doeloe dengan berbagai jajanan jadoel cocok bagi mereka yang ingin bernostalgia. Jajanan yang ada disini pun punya kualitas rasa yang oke punya. Ada kue talam berbagai jenis, semprong, kue bangkit, macam-macam keripik, dan lainnya. Pelayanan yang ramah pun menjadi nilai tambah bagi restoran ini. Sayangnya restoran yang terbuka ini memungkinkan pedagang asongan masuk ke dalam dan menjajakan dagangannya.

Kue Talam dan Kopi Hitam
Kue Talam dan Kopi Hitam

3. Brasco Cipanas

Brasco Cipanas ini sang at family friendly, dimana ibu-ibu bebas berbelanja, sambil bapak-bapak menikmati jajanan ataupun sekedar duduk manis di restoran sambil menyeruput minuman berbagai macam rasa. Anak-anak pun punya tempat bermain sambil menunggu orang tua mereka. Baju-baju yang dijual disini harganya sangat bervariasi dan sebagian besar adalah barang-barang sisa ekspor. Di ruang utama, kita akan melihat counter baju laki-laki di sebelah kiri pintu masuk, dan baju wanita di sebelah kanan pintu masuk. Untuk baju anak-anak ada di bagian dalam paling ujung. Selain di ruangan utama, ada juga ruangan di luar yang merupakan area discount.

Di kepergian aku kali ini, Brasco Cipanas ini uda di expand ke gedung baru yang isinya bag and shoes. Desain interior dari ruangan ini  terlihat megah dan membuat kita seolah berada di butik ternama. di bagian atas dari gedung baru ini ada lounge yang semi outdoor dengan nuansa putih biru yang membuatnya semakin menarik. Sedangkan, di bagian bawahnya ada restoran yang menyediakan makanan campuran Western dan Asian dengan minumannya yang terdiri dari jamu-jamuan khas Indonesia.

2013-10-02 17.05.54
Lounge di lt. atas

4. Melrimba Garden

Kali ini aku cuma lewat tempat ini, padahal dulu pas masih SD-SMP kalo ke puncak biasanya mampir di sini untuk duduk santai. Berdasarkan informasi yang aku dapat dari seorang teman, tempat ini sekarang sudah mengalami perbaikan. Sepengetahuanku dulu, tempat ini begitu asri dengan berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Berdasarkan website resmi dari tempat wisata ini, tempat ini merupakan wisata alam dimana di dalamnya terdapat taman, wahana flora, restoran, wahana permainan yang atraktif namun edukatif, serta Kampoeng Melrimba yang menjual jajanan tradisional khas puncak setiap weekend.

Taman Bermain
Taman Bermain

5. Puncak Pass Resort and Restaurant

Tempat ini seperti Valley-nya Bandung yang bisa melihat pemandangan kota puncak dari atas. Resort dan Restoran ini sudah berdiri dari tahun 1928 dan pernah mengalami renovasi di tahun 1975. Aku sendiri lupa apakah pernah kesini sebelumnya, namun seperti yang kemarin itu adalah pertama kalinya sepanjang aku bisa mengingat. Restoran dengan desain gaya khas Eropa semakin diperkuat dengan perapian di tengah ruangan. Duduk di bagian outdoor menjadi pilihan tepat untuk bersantai ataupun menikmati makan malam sambil melihat pemandangan kota puncak di waktu malam. Kalau beruntung, anda juga bisa menikmati suasana kabut yang membuat udara semakin sejuk.

2013-10-02 18.25.50
Ruang Outdoor

Nah itulah 5 tempat yang sudah membuat aku berdecak kagum selama ke Puncak. Nice place, Beautiful scenery, and delicious food. So, have a nice Holiday..

2 thoughts on “Things to do at Puncak

  1. Dewiiii….Aku suka post mu yang kali ini!!😀😀😀
    Sering-sering yaaa, hehehe…. bagus banget rekomendasinya!🙂
    Harus dicoba pas aku sempet, hehehe….

    1. Hehe.. iya Van.. lg nyoba nulis model gini..
      Aku jg pengen ke starbucksnya lagi.. cozy banget.. sayang jauh..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s