Keluarga itu…


Terkait dengan tulisanku tentang tagline di undangan pernikahan koko, bahwa pernikahan itu menjadi sebuah wadah untuk belajar, belajar menjadi istri/suami, belajar menjadi orang tua, dan bahkan belajar menjadi anak. Terlahir dalam sebuah keluarga besar, membuatku melihat banyak peristiwa-peristiwa yang dekat sekali dengan tagline tersebut.

Keluarga besar itu seolah menjadi sebuah kamus ensiklopedi yang menunjukkan padaku lika-liku kehidupan dalam keluarga. Buku yang baik, pelajaran yang bagus, kadang tidak akan tersampaikan dengan baik kalau tidak ada mentor yang baik. Beruntung aku memiliki mentor yang amat sangat baik dalam menyampaikan isi kamus tersebut. Merekalah yang menunjukkan padaku bahwa keluarga itu pada dasarnya dibangun dari pengorbanan demi pengorbanan. Pengorbanan orang tua melepaskan anak-anaknya memulai kehidupan yang baru. Pengorbanan mereka terhadap kebahagiaan anak-anaknya. Pengorbanan mereka terhadap kesejahteraan orang tuanya. Pengorbanan mereka terhadap keharmonisan keluarga dengan saudara-saudara mereka.

Pengorbanan itu akan menjadi berkah jika hal itu dijalani dengan hati yang ikhlas. Kelapangan hati mereka inilah yang membawa mereka pada sebuah kehidupan yang cukup untuk disyukuri. Meskipun bukan kehidupan mewah bergelimang harta, meskipun bukan kehidupan elit sekelas pejabat, tapi mereka sudah berhasil mengajarkan anak-anaknya untuk memiliki kelapangan hati dan mengenal rasa syukur. Mereka tidaklah mengajarkan dengan nasehat atau sekedar ucapan-ucapan petuah, namun mereka memberikann pada kami bukti nyata melalui ensiklopedi yang mereka miliki.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s