Balada Hukum di Negeri Pancasila


Pancasila bilang “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Begitupun yang tercantum di UUD’45 bahwa seluruh warga negara memiliki kedudukan yang sama dalam hukum. Begitulah yang seharusnya terjadi secara ideal, begitulah seharusnya bagaimana warga Negara di perlakukan.

Kisah ini bermula dari sebuah kasus antara penjual dan konsumen yang aku alami bersama teman-teman. Sebuah kasus yang memposisikan kami sebagai konsumen yang dirugikan. Sebuah posisi yang kemudian membuat kami terpikir untuk menyelesaikannya secara adil di bawah payung hukum. “Adil di bawah payung hukum”, sebuah kalimat yang mungkin perlu diuji terlebih dahulu kebenarannya. Karena itulah kami mencoba menghubungi pihak-pihak yang menurut kami bisa memberi konsultasi hukum sebelum kami benar-benar menyerahkan masalah tersebut untuk ditanggani oleh pihak yang berwajib. Mungkin cuma di Indonesia kita bisa mendengar orang menyarankan untuk tidak ke pengadilan dalam mencari keadilan dari permasalahan yang mereka hadapi. Mungkin juga cuma di Indonesia hukum menjadi sesuatu yang seolah ada dan tiada.

Rasanya lucu, ketika lembaga hukum yang seharusnya dipercaya dapat membantu memberikan keadilan bagi warga negaranya, malah dianggap sebagai sesuatu yang bisa mempersulit mereka. Hampir semua orang yang aku mintai pendapatnya justru seolah meyakinkan aku kalau bukanlah hal bijak jika aku menyelesaikan kasus konsumen dan penjual dengan melibatkan lembaga hukum.

Ini memang menjadi ironi bahwa sebuah Negara yang memiliki perundang-undangan yang begitu menjunjung tinggi hukum, namun pada prakteknya rakyat justru ketakutan untuk  memanfaatkan fasilitas hukum yang disediakan oleh Negara. Indonesia memang masih perlu banyak belajar dan belajar dengan keras untuk dapat menciptakan hukum yang adil dan mengayomi seluruh masyrakatnya. Semoga apa yang tertulis dalam UUD’45 dan Pancasila pada akhirnya memang benar-benar bisa diterapkan dan tidak menjadi tulisan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s