This is Jakarta


After so long time being passenger either in private transport or public transport in Jakarta, this last two months I experienced being a driver for private car. It’s quite interesting and It’s really tempting.

Ada pengalaman-pengalaman unik tentang lalu-lintas Jakarta yang aku dapatkan selama mengendarai mobil yang mungkin tidak sempat aku perhatikan ketika aku masih berstatus penumpang. Yang pertama itu adalah pembagian jalur di jalanan Jakarta yang kadang membuat pening, bahkan di jalan protokol sekalipun. Jalan yang terbagi dengan garis marka jalan menjadi 3 jalur, pada prakteknya terbagi menjadi 4-5 jalur. Aku bahkan sudah tidak tahu lagi apakah itu jalur sesungguhnya atau jalur yang muncul akibat orang yang tertahan saat dia mau pindah jalur. Hal inilah yang tidak pernah aku perhatikan selama aku duduk di kursi penumpang.

Hal kedua yang juga menarik adalah durasi waktu yang tersita dalam perjalanan. Dari rumahku menuju Utara Jakarta yang kalau naik kendaran pribadi memakan waktu 30-60 menit, bisa jadi dua sampai tiga jam kalau mau naik kendaraan umum. Sebaliknya dari rumahku menuju Selatan Jakarta, memakan waktu 30-40 menit kalau naik angkutan umum, dan menjadi 60-90 menit kalau naik kendaraan pribadi. Benar-benar perbedaan yang kontras.

Well, rasa-rasanya Jakarta masih perlu banyak berbenah dalam hal transportasi. Tidak hanya dari segi kenyamanan tapi juga dari segi keamanan dan kecepatan. Kemacetan yang sepertinya sudah menjadi benang kusut, rasanya bisa pelan-pelan dibenahi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari transportasi umum. Jangan seperti yang terjadi sekarang harga tiket KRL diturunkan tapi armada dikurangi. Atau seperti Transjakarta koridor1 armada diperbaharui tapi sekaligus dikurangi.

This is Jakarta and this how the traffic become our routine.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s