Lega..


Lega adalah sebuah rasa ketika ada beban yang terangkat dari dirimu. Sebuah rasa yang muncul ketika kau mampu untuk menuntaskan apa yang menjadi tanggung jawabmu. Layaknya rasa lega orang tua kita saat anak-anaknya berhasil lulus kuliah, rasa lega orang tua saat melihat anak-anaknya menemukan pasangan hidupnya. Seperti itulah harusnya rasa lega.

Rasa lega inilah yang aku alami ketika aku berhasil mengumpulkan kasus 7-8 tepat waktu. Rasa lega yang mendadak hilang detik-detik menjelang ujian karena aku melihat teman-temanku megap-megap keluar dari ruang ujian. Saat itu aku berpikir kalau kewajibanku masih banyak, tidak seharusnya rasa lega itu muncul saat ini. Teman-temanku megap-megap saat keluar dari ruang ujian, apa jadinya aku? Itulah pikiran yang menggantikan rasa lega dalam benakku sampai akhirnya tadi aku ujian dan merasakan apa yang mereka rasakan. Kelimpungan di ruang ujian dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah sedikit terbayang, namun semua jawaban yang kulontarkan seolah tidak ada yang memuaskan dosen penguji.

Setelah sesi tanya jawab itu pun sama sekali tidak ada rasa lega yang aku rasakan, yang ada tinggal rasa takut. Kelegaan baru menampakan sedikit wujudnya lagi ketika aku melihat lembar penilaian yang diberikan oleh dosenku. Rasa Lega yang juga tidak bertahan lama karena saat itu pula aku sadar kalau masih banyak yang perlu diperbaiki.

Meskipun revisi menumpuk, tapi setidaknya aku cukup lega karena dapat menuntaskan gerbong ini dengan cukup manis. Gerbong yang mengantarkanku pada gerbong berikutnya, gerbong terakhir yang harus kunaiki sebelum nantinya aku sampai di stasiun terakhir.

Thanks God karena gerbong ini dapat berlanjut.

Thanks untuk keajaiban-keajaiban yang ditularkan oleh semesta.

Thanks untuk teman-teman yang tidak berhenti saling menyemangati.

Dan gerbong ini pun berlanjut mwmbawaku pada kelegaan-kelegaan yang lain.

Leave a Reply

