Gerbong


Suara klason mobil dan deru hujan rintik-rintik yang turun seolah bersahutan menemaniku di gedung lantai 8 ini. Suasana mendung beranjak hujan ini melengkapi pikiran yang seolah hilang arah sehabis menghadapi dosen pembimbing. Balada mahasiswa semester akhir yang berjuang melengkapi target, mengejar gerbong untuk menuju stasiun akhir. Gerbong ini memang hampir berakhir dan 2 orang sahabatku hari ini telah menuntasi salah satu gerbong dengan manis. Obrolanku dengan salah seorang dari mereka membuatku hampir menitikkan air mata haru membaca ceritanya mengenai apa yang ia rasakan hari ini di ruang ujian. Rasa haru karena kami memulainya bersama-sama, dan kami melewati hampir seluruh proses ini bersama-sama. Proses yang membuat kami bertransformasi menjadi diri yang lebih baik, proses yang membuat kami meratap tak berdaya saat hantaman-hantaman tugas terasa begitu berat. Tapi kami tidak perduli dengan semua itu, kami fokus pada tujuan akhir. Meski terseok, meski penuh keluhan, kami tetap berusaha semampu kami sebisa kami.

Awal dari minggu yang depan aku juga akan menuntasi salah satu gerbongku. Cemas, khawatir, dan semua rasa lain bercampur menjadi satu. Aku hanya berharap aku bisa menuntasi gerbong ini dengan manis seperti yang mereka alami. Menuntasinya dengan segenap kemampuan yang aku bisa dengan segala senjata yang telah aku kumpulkan dari gerbong-gerbong sebelumnya.

Meski pertemuanku dengan dosen pembimbing hari ini tidak semulus yang aku harapkan, semoga ini memang jalan keluar atas segala kebingunganku akhir-akhir ini. Semoga aku bisa belajar mengikhlaskan segala usaha yang sudah aku lakukan dalam proses ini. Semoga gerbong ini memang akan terus berlanjut karena sebentar lagi aku akan sampai pada stasiun tujuan akhir.

Leave a Reply

