When Live Gives You Lemon, Let’s Make Lemonade..


Awalnya saat pertama kali melihat quotes yang aku jadikan judul ini, aku sedang berada dalam kondisi yang memang perlu motivasi, jadi quotes ini seolah memberikan tampar buatku. Hidup yang asam seperti Lemon itu harus dibuat jadi minuman yang menyegarkan sepertii Lemonade karena apapun yang kita alami dalam hidup, kitalah yang harus mengendalikan bagaimana kita akan menghadapinya.

Saat itu aku baca quotes ini dari status seorang teman, aku pun lupa apakah itu status BBM atau status di FB yang jelas setelah itu aku beberapa kali menggunakan status ini saat aku ingin menyemangati diri sendiri. Namun, siapa yang menduga minggu lalu aku dan beberapa temanku secara massal menggunakan status ini di BBM mereka untuk menggenang persahabatan kami dengan si pencetus status ini. Minggu pagi hari itu, kami begitu terkejut di pagi hari, seorang sahabat kami telah pergi meninggalkan kami begitu mendadak. Satu hal yang kami ingat dari sahabat tersebut adalah kebaikannya, semua seolah tidak percaya dengan kabar ini, bahkan sampai saat aku menulis blog ini pun aku masih tidak habis pikir dengan kejadian ini. Seorang sahabat, masih muda, begitu dihormati teman-temannya, selalu memberikan energi positif dan dia begitu cepat meninggalkan kami.

Pagi itu, setelah memastikan kabar yang mengejutkan ini, aku dan teman-teman pun mulai menyebarkan kabar duka ini. Banyak pertanyaan yang bermunculan di grup komunitas kami. Lagi-lagi semua merasa begitu terkejut dan tak percaya. Akhirnya hari itu aku habiskan dengan mengenang masa-masa yang pernah kami lewati. Kerja bareng di kepanitiaan-kepanitiaan UPM yang meskipun jarang dia ikuti tapi dia cukup sering ikut acara hura-hura UPM, cerita-cerita soal kerjaan masing-masing yang saling menyemangati karena saat itu kami sama-sama pernah bekerja di perusahaan saudara dengan segala intriknya. Itulah sekelumit cerita yang pernah kami lewati. Beberapa kali, dia juga sempat menceritakan padaku mengenai keinginan-keinginannya dalam hidup yang beberapa diantaranya adalah untuk membahagiakan orang tuanya. Aku juga masih ingat tahun lalu dia sempat memintaku untuk menganlisa tulisan tangannya, saat itu aku memintanya menuliskan apa yang dia inginkan 10 tahun lagi. Well, dia hanya menulis satu paragraf singkat yang sangat menunjukkan betapa dia sangat peduli pada keluarganya. Keinginan yang mungkin belum sempat dia penuhi tapi aku yakin kehadirannya selama ini sudah membuat keluarganya sangat bahagia. Seperti halnya dia menginspirasi kami teman-temannya, meskipun masih ada banyak hal yang belum sempat aku dan teman-teman lainnya lakukan bersama dia, namun kehadirannya dalam kehidupan kami sudah memberi kami banyak inspirasi-inspirasi kecil di tengah kehidupan yang begitu rumit.

Akhirnya hari itu kami melayat beramai-ramai, memberi penghormatan terakhir padanya.

” Bahkan saat ia sudah tidak ada pun ia masih melakukan kebajikan dengan mengumpulkan kita disini” begitu kata seorang teman di malam itu.

Bahkan dia pun sudah melakukan kebajikan dengan mengingatkan kita kalau hidup itu tidak pasti, jadi kita harus selalu mengusahakan yang terbaik yang kita bisa untuk diri kita sendiri maupun orang-orang lain yang kita sayangi, dan tidak menutup kemungkinan untuk orang yang tidak kita kenal sekalipun.

Di sepanjang hidupnya ia memang hampir selalu melakukan kebajikan bagi sesama, bahkan bagi semua mahkluk. Orang bilang, orang baik itu pasti kehidupannya diberkahi oleh Yang Di Atas. Orang bilang, karma baik itu selalu berbuah di saat yang tepat dan kondisi yang tepat. Semoga kumpulan karma baiknya menuntunnya menuju kehidupan yang lebih baik.

Kata seorang teman yang lain, ” Dia hari ini akan mengarungi lautan luas… ” Well, seperti cita-citanya untuk mengarungi pantai-pantai indah yang tersebar di seluruh Indonesia, namun kini ia bisa mengarungi pantai-pantai termahsyur di seluruh bumi..

Good Bye my best friend.. Have a nice Life there.. We’ll be missing u..🙂

Path 2013-04-28 12-36

2 thoughts on “When Live Gives You Lemon, Let’s Make Lemonade..

    1. but we must believe that they already life in better place.. klo ga nanti jd melekat dan yg pergi jd ga tenang.. applicable buat kehilangan yg lain jg lho be.. =)

Leave a Reply

