Seperti Apapun Akhir dari Sebuah Kisah, Ucapan Terima Kasih Selalu Ada Di Dalamnya


Beberapa tahun yang lalu, kata-kata seperti di judul ini sempat muncul dalam pikiranku saat aku mengingat sebuah cerita dari masa lalu. Cerita yang harus berakhir dengan kurang menyenangkan namun membuatku tersenyum penuh rasa terima kasih atas kejadian-kejadian yang pernah aku alami selama berada dalam cerita tersebut.

Hari ini, aku memutuskan untuk mengakhiri sebuah perjalanan lain dalam kehidupanku. Aku mengkategorikan akhir dari perjalanan ini sebagai akhir yang tragis. Aku sebut tragis karena perjalanan ini harus kuakhiri pada waktu yang tidak tepat. Namun, setragis apapun itu, ucapan terima kasih tetap menyelinap di antara rasa kesal dan pertanyaan-pertanyaan absurd yang tak di jelas ujung pangkalnya.

Kadang kita memang tidak akan pernah tahu bagaimana sebuah kisah akan berakhir. Apakah itu happy ending seperti kisah dongeng Cinderella atau harus berakhir tragis seperti kisah Romeo&Juliet? Kita selalu punya cara sendiri untuk menyikapi akhir dari sebuah kisah. Tapi satu hal yang pasti akan kita temui dari kisah-kisah hidup kita adalah rasa terima kasih pada sebagian kecil maupun sebagian besar pembentuk kisah tersebut.

Hidup kita pun tidak seperti dongeng ataupun kisah novel yang bisa berakhir dalam satu putaran film ataupun berlembar-lembar halaman novel, setiap akhir itu bisa saja menjadi awal dari kisah yang lain, dan setiap awal akan menemui akhir. Rasa terima kasih inilah yang mungkin bisa menjadi penyemangat kita untuk terus maju dan menjalani kisah-kisah lainnya di hadapan kita.

Terima Kasih untuk cerita-cerita yang selalu datang dan pergi ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s