Your Life Begin at The End of Your Comfort Zone


Ada banyak sekali ungkapan yang mirip-mirip dengan judul blog ini. Kita musti keluar dari zona nyaman kita untuk benar-benar merasakan hidup. Dulu aku pernah merasa sangat nyaman dengan keseharianku, aku sangat menikmati setiap detik waktu yang bergulir sampai-sampai aku tidak sadar kalau suatu saat hal itu mungkin akan berakhir. Well, akhirnya saat kenyamanan itu berakhir, aku pun tertatih untuk bangkit lagi menata hidupku. Setelah itu aku pun mulai sedikit bijaksana, aku menjalani segala sesuatunya dengan pemahaman kalau semuanya itu tidaklah kekal, kadang kehidupan akan membawamu ke atas, kadang kehidupan juga yang akan membuatmu merasakan di bawah.

Beberapa bulan yang lalu, aku merasakan suatu kondisi dimana aku sangat merasa tidak nyaman dengan apa yang aku jalani sehari-hari, merasa aku tidak penuh menjadi diri sendiri, merasa aku dibatasi oleh banyak hal. Really not comfort at all! Sampai akhirnya sebuah berita baik yang membuatku mensyukuri segala ketidaknyamanan itu datang. Miracle really located outside your comfort zone. Kalau kita cuma duduk diam aja di rumah, kita gak akan pernah bunga-bunga yang tumbuh di halaman,  mobil-mobil keren di jalanan, dan lain sebagainya.

Itu cerita beberapa tahun yang lalu, dan cerita beberapa bulan yang lalu. Aku perlu keluar dari comfort zone-ku  untuk bisa melihat hal lain, untuk bisa memulai jalan hidup yang baru. Lalu apa yang terjadi denganku sekarang? Aku mempercayai 100% kalau kita harus keluar dari comfort zone untuk menjadi manusia yang lebih baik, untuk bergerak selangkah lebih maju, tapi aku lupa kalau mungkin saja aku menjadi terbiasa dengan rasa tidak nyaman berada di luar comfort zone, aku malah menikmati segala ketidaknyamanan itu. Aku hanya menelan bulat-bulat apa yang ada dihadapan tanpa kuolah lagi, dan bahkan aku terlalu lelah untuk mencari jalan keluar dari zona ini. Inilah yang aku rasakan sekarang, aku bersahabat baik dengan ketidaknyamanan itu, dengan harapan bahwa suatu hari aku bisa keluar dari zona ini tanpa melakukan sesuatu hal apapun untuk bisa keluar.

Well, obrolanku dengan beberapa orang dalam 1-2 minggu ini membuatku teringat lagi kalau aku sedang mencari jalan untuk membangun sebuah keajaiban. Hal inilah yang mempertemukanku dengan hal-hal yang tidak nyaman ini, maka aku pun tidak boleh menjadi terbiasa dengan ketidaknyamanan ini dan menikmatinya begitu saja. Aku perlu usaha yang lebih keras, aku perlu menciptakan jalan-jalan baru agar aku bisa kembali membangun keajaiban tersebut.

Whatever it is, I believe it will lead me to a better life🙂

 

Leave a Reply

