8 Years Ago I Chose to Go and I Met Some Great People In The Great Adventure


8 tahun bukanlah waktu yang singkat, dan dalam delapan tahun ini aku sangat bersyukur sudah memiliki kesempatan untuk pergi ke China dan belajar di sana. Bukan sekedar karena ilmu yang aku dapat selama di sana, tapi juga dampak dan pengaruh kehidupan di sana pada keseharianku saat ini. Kepergianku 8 tahun itu, membuatku jatuh cinta pada negara nenek moyangku yang awalnya sempat aku underestimated-kan. Sejak saat itu sampai kembali ke tanah air, aku begitu mengelu-elukan bangsa China. Aku melihat China sebagai negara yang sangat kuat di sisi tradisionalnya namun dia juga bisa menjadi sangat maju seiring dengan perkembangan zaman.

Mengutip perkataan dari Steve Jobs, “You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future.” Aku pun percaya kalau perjalanan aku ke China delapan tahun lalu itu, pertemuanku dengan orang-orang hebat selama disana tentunya punya arti penting pada apa yang aku jalani sekarang. Meskipun saat ini aku tidak memiliki kegiatan yang berhubungan dengan bahasa Mandarin seperti beberapa teman yang memang bekerja di perusahaan China, namun aku pernah mengalami saat-saat dimana bahasa Mandarin dan pengetahunku tentang China sangat dibutuhkan orang-orang di sekitarku. Ada suatu kebanggan tersendiri saat aku mampu membaca tulisan-tulisan berbahasa Mandarin tersebut ataupun mendengar siaran dalam bahasa Mandarin. Yes, I know what that is, I understand what they’re talking.

Selain menambah pemahaman bahasa Mandarin, petualanganku di sana menambah kepekaan sosialku, membuatku menjadi sangat care dengan orang yang merantau, ataupun orang yang baru balik dari perantauan. Selain itu ada banyak hal lain yang terasah saat aku disana, meskipun belum sempurna namun aku sangat bersyukur bisa mengalami dan memaknai semua yang terjadi di sana.

Bulan ini, aku pun kembali dihadapkan pada sebuah tawaran untuk pergi ke negeri jauh, negara yang sama sekali asing, tidak seperti China yang merupakan negara nenek moyangku, negara yang bahkan tidak satupun bahasanya bisa kulafalkan dengan baik. Namun, negara ini menjadi salah satu negara yang menjadi negara tujuan wisata impianku. Meskipun tawaran ini masih bersifat tentatif, namun apa yang aku alami selama di China semakin menguatkanku utnuk mengambil kesempatan ini. Ada banyak ketakutan yang aku rasakan yang membuatku ragu, namun entah kenapa aku percaya kalau ini adalah kesempatan yang akan membawaku pada petualangan lainnya.

2 thoughts on “8 Years Ago I Chose to Go and I Met Some Great People In The Great Adventure

  1. Dewi, semangat ya🙂
    whatever it is, wherever it is, just follow your heart & dreams🙂
    Kesempatan bagus musti di-treasure🙂
    Have a great time!!🙂🙂🙂
    *happy for you!

Leave a Reply

