Intercultural Training for preparing Youth Exchange Program to Australia


Judul yang keren utk sebuah blog. he3.. That’s what my activities today.. Running a training to undergraduate student that role-played as a student who want to join the youth exchange program. This training really make me missed Beijing a lot. terutama saat sesi sharing narasumber yang isinya adalah kehidupan di negeri orang.

Ucapan yang sangat membekas dari narasumber yang kita undang hari ini adalah, “Coba enjoy aja dengan semua itu, karena ini itu once in a lifetime, jadi nantinya kita ga nyesel. karena hal ini belum tentu bisa terjadi lagi.” Point ini sangat menyentuh aku, karena buat aku pengalaman selama di Beijing itu merupakan once in a lifetime yang gak akan mungkin terulang lagi. Meskipun aku ketinggalan waktu setahun untuk kuliah, tapi aku memiliki waktu setahun yang sangat berharga. Waktu setahun yang membuat aku mengenal banyak orang, waktu setahun yang membuat aku merasakan dihargai sebagaimana layaknya seorang teman, dan sebaliknya.

Sebenernya banyak yang bisa dipelajari dari training hari ini, dan aku merasa sangat attach dgn topik2nya.  Meksipun mungkin saat aku memasuki budaya baru itu, tidak banyak info yang aku terima. ada sih satu-dua tapi info2 itu lebih ke info dari orang-orang yang pernah ke China tanpa ada bahasan sedikitpun tentang culture shock dan tahapannya. Menjalani training ini dan mengikuti cerita-cerita baik dari peserta maupun dari narasumber seolah membuatku seperti menyelami kembali pengalamanku di saat itu.

Hal lain yang menjadi menarik dari training ini adalah Aussie. Dari dulu, gak tau kenapa Aussie itu tidak menjadi negara favorit aku, intinya mah klo disuru milih mau ke Aussie atau negara laen, aku pasti akan milih negara lain, tentunya bukan Amerika jg ya. kalo Amerika jelas karena menurutku orang Amrik itu sombong, arogan, dll. Tapi kalau Aussie lebih karena Aussie itu gak ada tempat yang aku ingin kunjungi selain opera housenya. Ternyata training ini membuat aku bisa melihat point of interest dari Aussie, meskipun tidak semua yang aku temui di sini itu yang baik-baik. Setidaknya aku uda bisa masukin Aussie sebagai salah satu negara yang mau aku kunjungi, meskipun mungkin masih masuk dalam urutan kesekian. Hehe..

Terlepas dari Aussie dan kegiatan training hari ini yang membuat aku ingat dengan perjalanan di Beijing, training ini juga sempurna membuka kembali hari-hari di UPM yang tidak terlepas dari BKS. rapat, presentasi proses1, acara-acara gathering, sampai RUA. The place is still the same, but time really flies.

Yup, rangkaian hari ini lagi-lagi menyadarkanku kalau Time really flies.. so keep enjoying ur life now to preparing a better future..🙂

Leave a Reply

