Sumpah Pemuda


Hari Sumpah Pemuda, seperti yang kita ketahui adalah hari dimana Pemuda/i Indonesia begitu diagungkan karena semangat Nasionalisme-nya yang tinggi. Selain itu, pemuda juga kerap kali dianggap sebagai komunitas yang menggerakan perubahan dalam beberapa era kepemimpinan di Indonesia.

Itu pula yang diharapkan terjadi di hari ini, ratusan bahkan ribuan pemuda dari berbagai kalangan melakukan demonstrasi untuk menyuarakan kekecewaannya terhadap kepemimpinan pemerintah saat ini. Suatu gerakan yang menuntut perubahan agar negara ini menjadi lebih baik, agar pemerintah benar-benar mampu menyejahterakan rakyatnya. Lalu apa yang terjadi? Apa yang mereka ciptakan hari ini?

Macet dimana-mana. Jalanan di tutup sana-sini. Infrastruktur di rusak. Berapa banyak kerugian yang mereka ciptakan, berapa banyak orang yang terluka, baik luka ringan maupun berat. Setiap kali liat demo-demo di jalanan, aku selalu berpikir, apakah memang ada gunanya yang mereka lakukan itu? Kalaupun mungkin didengar, belum tentu dilaksanakan. Pelaku demonstrasi itu pun mungkin juga tidak sepenuhnya paham dengan permasalahan yang ada alias cuma ikut-ikutan.

Hal lain yang juga memprihatinkan adalah mereka yang demo itu sebagian besar adalah mahasiswa yang konon katanya dianggap sebagai penerus bangsa. Lantas bagaimana bangsa ini mau maju, kalau calon penerus nya aja masih aktif merusak infrastruktur dan menganggu kehidupan orang banyak dengan demonstrasi.

Terlepas dari demo hari ini dan kemacetan parah yang terjadi hari ini, ada begitu banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai pemuda/i di hari Sumpah Pemuda ini. Masih ada begitu banyak hal yang membangun yang bisa kita kerjakan.

Selamat Hari Sumpah Pemuda

Satu Nusa Satu Bangsa Satu Tanah Air Satu Bahasa Kita!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s