RUA Behind the Scene..


Juni 2007,

Saat itu adalah pertama kalinya aku mengikuti pemilihan Koordinator di UKM-ku. Waktu itu ada 4calon yang maju, dan rasanya ini menjadi jumlah yang fenomenal krn menurut cerita para ‘sesepuh’ kami, umumnya hanya 2 atau 3 orang yang maju mencalonkan diri menjadi koordinator. Saat itu aku sama sekali tidak membayangkan kalau setahun dari hari itu, aku memutuskan untuk mencalonkan diri juga.

Usai pemilihan dan setelah nama koor yang baru muncul, kami pun beramai-ramai pergi ke food court Plangi untuk merayakan hal ini. Well, sebenernya bukan merayakan juga sih, ternyata memang kita semua hobi nongkrong ^^

Saat itu aku hanya tahu euforia setelah pemilihan, aku tidak tahu bagaimana rasanya “KALAH”.

Mei 2008,
Lagi-lagi ada 4 calon yang maju, dan salah satunya adalah aku. Well, satu hal yang sama sekali tidak pernah terbayangkan sepanjang hidup aku. Mengajukan diri menjadi Koor. Bahkan aku masih ingat saat interview utk jadi pengurus OSIS di SMA dl, aku terang2an menjawab tidak saat pewawancara bertanya apakah aku bersedia kalau diminta untuk menjadi Ketua OSIS.

Hasilnya? Aku memang tidak menang, dan bahkan aku menjadi posisi terakhir.Jujur, sesaat setelah pengumuman, aku hanya bisa tersenyum dan memberikan selama pada yang menang, sambil tetap tersenyum menerima ucapan tetap semangat dari teman2 yang hadir di situ. Mungkin apa yang aku rasakan saat itu tergambar dengan jelas di blog terdahulu(blog still on maintenance).

Dengan bantuan beberapa orang teman, akhirnya di malam harinya aku bisa dengan tegar berkata,

“Angka2 itu tidak ada apa-apanya, yang penting adalah proses yang sudah kita jalani selama menuju hari itu dan yang akan kita jalani setelahnya.”

Juni 2009,
3 orang calon yang maju, dan ketiganya cukup dekat denganku. Ketiganya sudah aku anggap seperti adikku sendiri dan aku tahu kekurangan kelebihan masing-masing. Pemilihan kali ini aku sama tegangnya dengan pemilihan setahun sebelumnya.

Hasilnya? Calon yang terakhir mendaftar-lah yang keluar sebagai pemenang. Disinilah aku baru tersadar, kalau bukan hanya yang menang saja yang perlu diberi selamat, calon lainnya pun tetap perlu selamat dan semangat.

Juni 2010,
Mengikuti tahun sebelumnya, calon yang maju saat itu ada 3 orang. Tak banyak yang bisa aku ingat dari pemilihan ini, karena saat itu aku sudah terhitung sebagai alumni. Yang jelas hasil pemilihan saat itu sepertinya cukup memuaskan buatku.

Juni 2011,

Kali ini jumlahnya hanya 2 orang, Koorbid dan anak buahnya. Aku tidak datang di pemilihan ini, namun berita begitu cepat ter-update dari grup di smart phone kami. Tak lama setelah itu, facebook koor terpilih pun mulai dipenuhi dengan ucapan selamat dan harapan untuknya. Ada satu hal menarik disini, yang tidak sengaja aku sadari setelah melihat ucapan-ucapan yang muncul. Ternyata ada beberapa ucapan yang mampir di facebook calon satunya lagi.

Hal ini menjadi menarik karena beberapa orang yang mengucapkan adalah mantan-mantan cakoor yang tidak keluar sebagai pemenang. Orang-orang menyebutnya sebagai dukungan sosial, yaitu dengan memberikan dukungan pada orang yang memiliki kesamaan karakteristik dengan mereka. Sama halnya dalam pertandingan yang lain, semua berlomba-lomba memberi ucapan kepada pemenang, dan hanya segelintir yang memberi ucapan pada yang tidak menang. Yang jelas kita tidak tahu pasti apa motivasi mereka memberi ucapan pada yang tidak menang tersebut, tapi ada kemungkinan mereka pernah mengalami situasi yang sama, sehingga mereka mencoba berempati pada orang tersebut. Well, rasanya hal begini juga bisa jadi topik penelitian yang menarik. hehe..

At last but not least.. Tulisan ini cuma sekilas ulasan ttg RUA pemilihan koordinator UKM yang mencoba mengangkat apa yang mungkin tidak terlihat. ^^

Leave a Reply

