Good Bye Hollywood Movie..


Beginilah status orang2 di FB dan di BBM beberapa hari terakhir, ketakutan akan hilangnya film-film Barat di Indonesia. Sebagai orang yang suka ntn di bioskop, tentunya berita ini sangat mengejutkan. Aku hanya menerima 1 BBM mengenai berita ini, lalu tak lama kemudian banyak situs2 di internet yang mem-posting berita ini dan si share di facebook. Beruntung aku punya teman yang bekerja di XXI, aku pun langsung bertanya padanya mengenai berita ini. Dia pun hanya menjawab, ” Sabar aja lagi. ” disertai dengan penjelasan singkat namun sarat makna. Pada akhirnya semua dikaitkan dengan duit, hal yang semakin aku mengerti satu bulan terakhir ini.

Website pertama yang aku kunjungi setelah melihat BBM itu adalah 21cineplex, dan semua yg ditulis di BBM itu memang terbukti benar, no more foreign movie on midnight. Website kedua yang aku buka setelah itu ada link yg ada dalam BBM tersebut. Isi link itu mengenai komentar beberapa orang penting terkait dengan masalah ini. They said they still negotiate this issue with US side. Di web itu jg dibahas ttg piracy di Indonesia, mereka bilang kalo movie boicott ini bisa berdampak ke piracy yg makin gila-gilaan di Indonesia. Dalam situs-situs resmi dengan berita serupa dan share picture di BBM, sempat ada beberapa orang yang membahas mengenai piracy ini. Mereka terlihat begitu concern dengan masalah piracy tapi sebenernya mereka juga menjadi bagian dari konsumen DVD/VCD bajakan tersebut. Tanpa bermaksud men-judge ataupun melabel mereka dengan sebutan pembeli DVD bajakan, aku sangat yakin kalau mereka memang benar-benar membelinya, karena kalau mau dihitung mungkin hanya 1 dari 100 orang yang tidak membeli barang bajakan. Jujur selama 5-6 tahun terakhir ini aku berusaha untu meminimalisir pembelian DVD bajakan. Kalaupun kepepet membeli itu lebih karena aku butuh menonton film tersebut tapi tidak berhasil menemukan di tempat lain. Well, sepertinya masalah pembajakan di Indonesia sudah menjadi masalah tak berujung.

Hal kedua yang menjadi sorotan mengikuti berita hilangnya film barat dari peredaran di Indonesia adalah mengenai kualitas film Indonesia dan bayang-bayang suram bisokop Indonesia tanpa film barat. Lantas BBM mengenai film2 Indo yg bakal keluar di 2011 pun berdatangan tanpa henti di BB-ku. Isinya semua film horor komedi porno, ironis memang, uda komedi horor pula, sangat bertentangan. Jujur, kalau disuruh nonton film seperti itu, aku juga tidak mau. Tapi aku sangat menyayangkan sikap teman-teman yang seperti itu, karena mereka hanya melihat yang jelek saja. Mereka tidak ingat dengan Laskar Pelangi, Daun di Atas Bantal, Merah Putih, dan film Nasional lainnya yang punya nilai lebih dari sekedar hiburan di kala weekend. Meksipun 1:10 tp mengapa bukan hal ini yang ditonjolkan oleh mereka. Mereka harusnya juga melihat moment seperti ini untuk membangkitkan film nasional, bukan kuantitas tp kualitas, film berkualitas, bermutu dan mendidik.

Hal lain yan menjadi menarik dalam moment ini adalah berita yang menyebar begitu cepat, pdhl baik pihak MPA maupun bea cukai belum memutuskan apapun. Ini masih hanya berupa ancaman, belum akan benar-benar diterapkan. Tampaknya masyarakat Indonesia masih perlu dilatih dan dididik untuk berpikir kritis, untuk tidak mudah terpancing isu-isu yang meresahkan. Dalam kejadian ini aku belajar, semakin banyak kita tahu mengenai suatu hal, kita lebih tidak mudah terpancing oleh isu atau berita yang beredar luas dan belum dapat dipastikan kebenarannya. So, gak ada salahnya kalau kita menuntut ilmu sebanyak-banyaknya, belajar sebanyak-banyaknya, dan mencari informasi sebanyak-banyaknya, karena ini akan berguna buat kita.

Well.. Kita gak perlu takut untuk kehilangan film Barat, film nasional masih punya potensi untuk terus berkembang. Kalau pun film Barat beneran ga beredar lagi, dan film nasional gak ada yang layak ditonton, masih banyak kok hiburan lainnya.. Peace ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s