1 month in the new place


Well.. ga sadar, ternyata hari ini tepat sebulan aku di kantor baru. Wohooo.. Tempat baru umumnya mengesankan cerita baru dan pengalaman baru juga. Meskipun banyak hal yang berbeda di kantor baru ini, tapi waktu tetap terasa berjalan begitu cepat, waktu tidak berjalan lebih lambat seperti yang aku bayangkan. Lalu apa yang aku dapat selama sebulan ini? Aku pun kesulitan menjawabnya, entah terlalu banyak atau terlalu sedikit akupun tidak jelas. Dan beginilah aku menghabiskan satu bulan disana..

Hari-hari pertama aku disana, masih dipenuhi bayang-bayang teman-teman di kantor lama yang begitu solid. Well setidaknya di satu bulan terakhir di kantor lama, aku ketemu soulmate baru dan SMS mereka dihari itu cukup membuat aku terhibur di suasana yang serba asing itu. Dalam minggu pertama itu pula aku mulai mengenali sifat dan karakter dari masing-masing orang di kantor yang baru. Adaptasi yang cukup sulit buatku, sama halnya seperti awal masuk kuliah dulu, dimana aku menganggap semuanya berbeda denganku. Saat itu pun aku berusaha menyemangati diriku sendiri, tenang ini baru awal lama-lama juga biasa kok. Biasa sendirian, atau biasa dengan teman baru? well aku juga ga tau, yang pasti akhirnya sampe sebulan berlalu, aku jadi terbiasa sendiri.

Mengenai segi pekerjaannya sendiri, totally different kalaupun ada yang sama paling cara pake tlp doank, bahkan sampe cara fax-nya aja beda. Jujur aku sempet kelabakan mempelajari pekerjaan baru ini, bukan karena aku tidak mampu, tapi karena aku tidak tahu banyak hal disana. Namun, sebagai seorang yang tidak mudah patah semangat, akhirnya aku pun mulai masuk ke dalamnya mencari apa saja informasi yang bisa aku gunakan untuk survive disana. Hasilnya gak nolong juga karena aku kehilangan sosok yang bisa terus aku tanyai sampai aku yakin kalau apa yang aku lakukan sudah sesuai dengan yang seharusnya dijalankan. Well, perlu aku akui, pembimbing itu penting selama dia tidak menjadikan orang yang dibimbingnya ketergantungan. Pembimbing yang baik tahu kapan dia harus mundur dan melepas hasil bimbingannya.

Selama sebulan ini juga semakin jelas terlihat bahwa setiap orang punya kehidupan masing-masing, si A dan si B umurnya sama tp memiliki pencapaian yang berbeda. Hal ini aku dapati saat aku naik angkot pulang-pergi dari kantor. Di tengah kemacetan lalu lintas, saat itu angkot yang aku baiki berhenti di sebelah mobil Honda City yang dikendarai oleh seorang cewe, kalau dilihat dari postur tubuhnya, kurang lebih mungkin dia seusia denganku. Atau saat macet dan dibelakangku ada mobil Toyota Fortuner yang dinaiki oleh 2 orang cowo muda yang usianya kurang lebih sama dengan si supir angkot. Umur boleh sama tapi yang dinaikin beda, terlepas dari itu mobil orang tuanya atau hasil jerih payah sendiri, yg jelas apa yang bisa mereka capai berbeda. Ini juga yang pernah aku bahas sebelumnya, saat di kuliah mata kita mulai dibukakan pada realita kehidupan bahwa tidak selamanya kita bisa sama dengan teman kita, masuk kuliah bareng, lulus bisa ga bareng. So, jangan pernah merasa iri atau marah dengan orang lain karena kita tidak bisa seperti mereka karena hidup kita bukanlah hidup mereka, jadi tidak akan mungkin sama. We have our own path and our own time.

Terkait soal jalan hidup, tepat di sebulan ini pulan suatu pilihan masa depan muncul lagi ke permukaan.. Rasanya hidup ini begitu kejam buatku, setelah 2 bulan mengombang-ambingkan aku dalam ketidakjelasan, kini saat hidupku mulai tertata lagi, pilihan itu datang lagi. Well.. ini bukan hal yang harus dihindari. Aku musti hadapi ini.. wishing the best for me.. Yang namanya maasalah itu memang harus dihadapi bukan untuk dihindari karena seberapa kuatpun kita menghindar, kalau memang masalah itu belum selesai pasti akan muncul lagi.

Beginilah kira-kira sebulan berlalu dalam waktu yang terasa begitu cepat. Mungkin memang belum semuanya tetapi setidaknya inilah yang paling menjadi perhatianku selama sebulan ini.

Leave a Reply

