Shao Mai a.k.a Somai


Kemarin malam, aku membantu mama membuat Somai mulai dari potong2 daging, kasih bumbu2 sampai ke ngadon adonan. Well, it isn’t an easy thing. Yang paling berat itu di adonin adonannya. Cause it’s not a small amount so it needs an extra effort. Jadi kebayang gimana beratnya para penjual somai yang subuh2 uda musti adonin untuk jualan di pagi harinya.

Kalau dipikir2 hidup ini bisa juga dianalogikan seperti adonan Somai. terdiri dari bermacam-macam orang, terdiri dari berbagai sifat. Ada yang halus seperti garam dan tepung, ada yang tebal seperti dagingnya, atau yang cair seperti telur. Semuanya itu diaduk menjadi satu adonan. Hari itu juga aku baru saja mengikuti reuni dengan teman2 SD. Sempet berasa weird juga sih, apalagi aku salah dua yang bersekolah disana cuma sampai SD. Awalnya sempat canggung, tapi finally aku mulai biasa juga dengan suasana tersebut.

Mengingat peristiwa sekitar belasan tahun yang lalu (WOW! ternyata gua SD itungannya uda belasan tahun ya?), mengingat teman-temannya satu persatu, ternyata kami memang terdiri dari berbagai jenis orang. Ada yang heboh, ada yang pendiam, ada yang rajin, ada yang malas, ada yang pemalu, ada yang gak tau malu, ada yang resik, ada yang jorok, semuanya jadi satu dalam adonan angkatan kami. Terus kalau dipikir2 lagi, untuk membentuk adonan tersebut tidaklah mudah, diperlukan tangan2 lain, dalam hal ini guru2 kami dan lingkungan keluarga kami, mereka lah yang mengolah kami sampai akhirnya kami menjadi seperti kami yang sekarang.

Ya kira2 begitulah, manusia itu tidak akan mungkin hidup sendiri.

One thought on “Shao Mai a.k.a Somai

  1. Hahahaha…. Setuju sekali Wiiii….
    Manusia ga bisa idup sendiri🙂 dan macem-macemnya itu yang mewarnai hidup kita sehari-hari… walau masalah cocok ato enggak itu lain hal ya, hahahaha….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s