A Glance ’bout Pelatihan XIX ^^


Pelat XIX kemaren bener2 bikin g speechless. Ga tau kenapa 2 hari kemaren itu  ada banyak banget kejadian yg menarik. Gak berasa uda 6 kali ini aku ikutin pelatihan di UPM, mulai dari peserta, panitia, ampe skrng jadi alumni. Sungguh perjalanan panjang dan penuh cerita. Jujur aku dan teman-teman seangkatan yg kemarin datang ke acara ini begitu terkesan dengan para pesertanya. Sejak pertama aku dateng sampe pulang, mereka terlihat begitu antusias, bahkan di hari ini notification fb ga brenti2 muncul, dan sebagian besar dari itu adalah anak-anak baru yg request join grup UPM. Satu fenomena yang ga kejadian di taon2 sebelomnya, bahkan sampe sekarang aja masih ada temen2 dari pelatihan sebelomnya yang belom join di grup UPM.

Awalnya aku sempet ragu pas ditawarin Debby utk ngasih materi di Pelat kali ini. Meskipun sebelumnya Dedy, sang ketua uda sempet nawarin aku sehubungan dengan bawain materi ini. Aku ragu karena biasanya aku bawain materi duet sama Itha, tp kali ini diminta utk sendiri. Untungnya materi yang dibawain itu ttg Etika Penelitian, suatu hal simpel yang terkesan gak penting utk dibahas tp sebenernya merupakan topik yang sangat curcial. Bahkan dulu pas Pelatihan XVI, aku menolak untuk mengadakan materi ini di Pelatihan, menurutku jauh lebih penting utk memberikan dasar-dasar SPSS di puncak daripada Etika Penelitian. Karena buatku Etika itu adalah berdasar dari Moral dan setiap orang pasti sudah memiliki itu. Akhirnya aku mencoba utk memodifikasi materi ini menjadi role play. well hasilnya materi ini ckp fun, meskipun akhirnya waktunya jadi mepet krn melenceng dari perkiraan awal. Sebenernya yang mau aku tekankan pada sesi ini adalah Etika Penelitian adalah sesuatu yang dipelajari seiring dengan berjalannya waktu, semakin kita banyak terjun di lapangan, semkain terasah pula kemampuan kita untuk membedakan mana yang sesuai dengan etika dan mana yang melanggar etika.

Hari kedua di Pelatihan pun terus berjalan, dan baru kali ini aku sempat tidur siang di acara Pelatihan. Hihi.. Seperti biasanya acara di hari kedua ini teramat sangat padat. Selaen team building ada acara apreni yang udah turun temurun selalu diadain. Team building kali ini untuk pertama kalinya aku gak punya peran apa-apa, akhirnya aku berkeliling dari satu pos ke pos laennya sampe akhirnya aku dan Itha terdampar di pos paling tersembunyi, sangking tersembunyinya sampe-sampe pos itu gak juga dikunjungi oleh peserta padahal waktu yg dialokasikan untuk team building hampir habis. Selama menunggu kehadiran peserta, aku dan Itha mengobrol dengan penjaga pos. Perjalanan aku pun dilanjutkan ke pos alumni di bawah, pos yg isinya bagi2 snack plus ngerjain orang.. hehe.. sometimes it’s fun to laughing like this.. Setelah selesai team building acara pun dilanjutkan dengan apreni, dan satu hal yang tidak pernah kejadian sebelumnya, waktu sudah menunjukkan hampir tengah malam, tp semua peserta masih terlihat antusias dan semangat mementaskan apreni-nya. Pertunjukkan para m**ol*st*, suara tawa pun terdengar sepanjang acara itu sampai akhirnya acara pun ditutup dengan persembahan dari panitia dan acara HUT UPM.

Aku sangat terkesan dengan persembahan dari panitia 2 tahun terakhir, pada drama mereka menunjukkan inti dari UPM itu sendiri. dan drama tahun ini mereka menampilkan slide show yg isinya foto2 UPM beberapa tahun terakhir sampai beberapa minggu terakhir. Jujur saja, aku begitu terkejut saat melihat foto-foto itu, hampir disetiap foto yang ditampilkan awal-awal, semuanya ada foto aku. Bener2 narsis sejati.. hoho.. melihat foto-foto itu aku jadi ingat, dulu aku pernah ngumpulin foto utk acara Tribute to Alumni, waktu itu aku jadi menyadari betapa foto itu bisa menceritakan banyak hal yang mungkin cuma bisa dikenang. Well.. jadi pengen upload2in foto2 UPM yang lama2 nih.. hoho..

Pelatihan kali ini jadi makin semarak dengan acara surat cinta utk Alumni, dimana para pelatihan baru diminta untuk menulis surat cinta yang segombal-gombal, senajis-najisnya. Dari sekian banyak surat yang masuk untuk kami, semuanya bener2 bikin sakit perut karena kebanyakan ketawa. hihihi.. Ternyata ya, anak2 baru itu gombal2 semua. Anyway buat temen2 yg uda nulis surat buat g, thanks  yo.. bener2 mantep!!

Kira-kira begitulah suasana Pelatihan XIX kemarin, penuh dengan tawa dan keceriaan. Aku dan beberapa teman seangkatan yg juga datang ke acara ini cuma berharap keceriaan dan semangat ini akan terus tetap ada sampai mereka kembali ke Jakarta dan sampai beberapa tahun ke depan, tidak hanya mereka yang masih baru tapi juga para panita dan pengurusnya. Jangan lupa untuk selalu ingat pesan dari pendahulu2 yang pernah aku dengar, “Semoga apa yang sudah dibangun oleh mereka para pendahulu, tidak kita sia-siakan begitu saja.” So, ini jadi tugas berat untuk para pengurus yang sekarang agar suasana ini tetap terus berkobar.. ^^

It’s nice to be a part of u all. It’s worth to spent time with we ‘coz u can found everything here. ^^

6 thoughts on “A Glance ’bout Pelatihan XIX ^^

  1. ada aja cerita ttg UPM yah wi. gw jg ngga berasa udah ikut 4 pelatihan, satu jadi peserta. berasa tuanya deh ==”

    surat cinta itu konsepnya bagus deh. gw pengen merekomendasikan untuk ada lagi tahun depan, tapi kalo dari alumni ngga ngasi ‘hadiah’ lagi nanti jadinya surat cintanya ke panitia aja, paling BPH ato gimana gituh. hihihi.. lucu tuh..😄

    berasa banget wi, suasana UPM berubah tiap tahunnya. tapi keliatan banget UPMM sekarang punya ide-ide orisinil dan kreatif, sehingga UPM sekarang makin maju dan profesional.

    jadi pengen nge-blog pelatihan. hahaha.. tapi ya sudah lah..😄

      1. ngga kok. wordpress-nya ngga dipake lagi wi.. udah enak di blogger.
        kalo wordpress lo klik nama gw aja nanti muncul kok blognya ^^

  2. waduuuh kangen banget deh masa2 pertama ikut pelatihan…
    ada team building sbg bagian yg paling gw suka, dikerjain, tulis testi2, apreni, belajar penelitian (bosenin banget jujur tp guna bgt hehehe. blm pernah ikut sebagain alumni, moga2 tahun depan bisa ne >.<

    bagus yah kalo taun ini pesertanya oke, mg2 upm makin maju!!!
    wi, ikut nonton minggu? kapan2 kita kumpul lg yaa, foto2 lg kaya jaman kuliah hahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s