Mudik Holiday 2010


Well… gak berasa libur lebaran yang dinanti-nantikan itu akhirnya berakhir juga. Sehari sebelum masuk kerja lagi akhirnya aku bisa seharian di rumah sebelum besoknya harus masuk kerja lagi. Seperti biasanya, setiap libur lebaran itu pasti kita isi dengan mudik ke rumah keluarganya mama di Tanjung. Cuma ga tau kenapa kayanya taon ini berasa rame aja. Mungkin karena taon ini lebih panjang juga kali ya. Plus ga seperti taon kemaren, taon ini ga usah pusing mikirin di rumah ga ada pembantu. Coz memang spanjang tahun ini sejak lebaran taon lalu, pembantu gak ada yg stay lama, so kita cuma pake tukang cuci gosok harian.

Perjalanan mudik kali ini tidak terlalu berbeda seperti tahun sebelumnya, Jakarta terlihat sepi di hari pertama Lebaran, dan istana negara tampak ramai dikunjungi warga yang akan bersilahturahmi dengan Bapak Presiden dan keluarga. Di sepanjang jalan yang bukan tol pun dipenuhi dengan pemudik sepeda motor yang mulai marak beberapa tahun terakhir. Meskipun tidak ramai, tapi jumlah mereka cukup menambah ramai jalanan.

Liburan kali ini juga aku isi dengan nonton dua buah film India, 3 Idiots dan My Name is Khan. Dua film yang menurutku patut diacungi jempol. Meskipun yang 3 Idiots aku cuma nonton bagian duanya, tapi sudah bisa membuatku berdecak kagum. Kisah persahabatan tiga orang yang berusaha mewujudkan impiannya masing-masing dan juga usaha mereka untuk membuktikan pada dunia siapa mereka sebenarnya. Moral dari film ini adalah jadilah apa yang kau inginkan karena segala sesuatunya itu mungkin terjadi selama didukung dengan usaha yang keras dan kemauan yang kuat. Film berikutnya yang aku nonton itu My Name is Khan, film yang sebenernya ampir aku nonton di bioskop. Well.. ternyata filmnya emang bagus banget n bener2 menyentuh. Suatu film yang wajib dilihat oleh semua bangsa di dunia, apalagi dalam kondisi konflik ras dan agama yang cukup mengkhawatirkan. Beberapa saat setelah menonton film ini, aku membaca post di salah satu fb temanku mengenai berita penusukkan Pendeta, dan juga pesan di BBM mengenai 2 kasus perkosaan di Bandung terhadap perempuan etnis Tionghoa yang beragama Kristiani. Besoknya pun aku mendengar berita yang beredar di BBM mengenai gereja-gereja di hotel dan mall yang tidak memiliki izin. Anehnya berita-berita ini dengan cepat menyebar tak lama setelah kasus penusukkan pendeta itu dan juga cerita menghebohkan di Amerika menjelang peringatan peristiwa 911. Suatu hal yang sangat menyedihkan, bangsa yang memiliki keberagaman yang tinggi tapi masih saja ada oknum-oknum yang belum bisa menghargai keanekaragaman di negeri ini. Semoga saja masalah ini cepat selesai dan tidak menimbulkan kehancuran moral bangsa ini.

Kembali ke cerita mudik, di perjalanan pulang dari Tanjung ke Jakarta, aku melihat 2 kecelakaan pemudik sepeda motor. Fenomena mudik menggunakan sepeda motor ini tampaknya masih saja ramai jadi perbincangan. Awalnya masih banyak yang tidak menggunakan helm dan membawa barang bawaan ataupun boncengan berlebih, namun tahun ini sepertinya mulai berkurang. Meskipun masih saja ada pemudik-pemudik sepeda motor ini yang membawa 2 anaknya dan bawaan yang terbilang cukup banyak. Tampaknya tradisi mudik menggunakan sepeda motor masih akan terus berlanjut sampai beberapa tahun ke depan. Hal ini juga ternyata senada dengan judul lagu “ Makan ‘gak Makan Asal Kumpul” dimana orang Indonesia sangat menyukai tradisi kumpul-kumpul, tidak perduli harus melalui apapun, atau tidak perduli harus melakukan apapun, yang penting bisa kumpul. Apalagi dalam suasana Hari Raya yang tentunya lebih menyenangkan juka dilalui bersama keluarga.

Hum.. tampaknya libur kali ini cukup menyenangkan buatku, banyak cerita dan foto-foto menarik yang bisa kukumpulkan sepanjang perjalanan. Semoga liburan ini bisa merefresh pikiran aku dan bisa membuat aku kembali berpikir dengan jernih dalam setiap tindakan aku. Welcome back to the real world! 加油!(^_^)v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s