2009 Summary


This note just want to share my extraordinary life for this last one year. Note yang aku tujuin buat setiap orang yang pernah hadir dan ikut menyemarakan hari-hariku selama setahun ini. Kalau dulu aku bilang tahun 2008 itu adalah tahun yang begitu penuh dengan cerita, tahun yang benar-benar mencampur adukkan emosi dan logika untuk berjalan beriringan, rasanya tahun ini gak kalah serunya dan tentunya cukup pantas untuk disebut sebagai tahun yang spesial seperti yang aku harapkan. Such a special year which has met me with a bunch of extraordinary people, special year which has made me almost mad about my future. Special year to make me brave to wishing and hoping.

Tahun ini diawali sesuatu yang tidak biasa, perayaan tahun baru dengan komunitas baru yang membuatku lebih berani menatap hari esok. Sesuatu yang aku sebut fantastis karena terlalu banyak kejutan yang membawaku menuju perayaan tahun baru ini. Hal lain yang juga tidak biasa yang terjadi di awal tahun ini adalah acara jalan-jalan fakultas psikologi yang membawaku dan teman-teman seperjuanganku di psikologi ke sebuah petualangan di Jogja. Perjalanan yang benar-benar menyenangkan dan tidak mungkin kami lupakan sebelum akhirnya kami merintis jalan masing-masing. Petualangan-petualangan di awal tahun ini ternyata tidak kalah serunya dengan perjalnanku di tahun yang kuharapkan menjadi spesial ini. Dan beginilah aku menjalani setahun ini.

Januari

New year, new hopes, it’s a brand new me. Semuanya terasa menjadi baru dan aku pun semakin mantap melangkah. Semua yang kujalani seolah menjadi mulus, lancar tanpa hambatan.

Februari

Let’s hope. Berbeda dari sebulan sebelumnya, ada hal-hal yang sepertinya tidak bisa kuselesaikan dengan segera meskipun sebenarnya aku ingin sekali secepatnya menyelesaikannya. Meskipun begitu, aku tetap yakin kalau semuanya akan kulewati. Ditambah lagi sebuah kabar dari teman lama yang membuatku serasa bernapas lagi ditengah himpitan pikiran-pikiran menganggu yang bermunculan selama bulan ini.

Maret

Get closer with my wish. Semuanya terasa semakin dekat dengan harapan-harapan aku di tahun ini. Bulan yang cukup sibuk, tapi aku begitu menikmati setiap detik yang ku lewati, setiap kesibukan yang kujalani.

April

Wish this year will be my special year. It’s really became my special bday ever, spending my day with my lovely people. Counting down ’till my bday with my special friends, karaoke with my present friends, surprise gifts from my pyscho sista, lunch with UPMM though only two of the who left on UPM that day, and the last was celebrate bday with my family, though my mom was in s’pore that day. What a complete day for me. So many surprising things make me feel blessed with this live. With a bunch of wishes, I try to spend this year.

Mei

This come to an end. Bulan yang semakin mendekatkanku dengan akhir. Target akhir skripsi harus kumpul. Tidak disangka ada begitu banyak hal yang harus kukerjakan bertepatan dengan pengambilan data skripsi ini, dan juga halangan lainnya. Saat-saat seperti ini membuatku merasa begitu bersyukur bisa mengenal banyak orang yang selalu setia memberiku semangat dalam setiap hal yang kukerjakan di bulan ini. Benar-benar bulan yang sibuk dengan segudang kegiatan. Meskipun akhirnya aku tidak bisa menyelesaikan skripsiku di bulan ini,  tapi setidaknya aku bisa memberikan yang terbaik di acara Waisak di penghujung bulan ini.

Juni

Feeling 17th again. We did it again. Ke mall, main timezone, foto box, kumpul bersama mereka yang mengisi hari-hariku di masa SMA. The meeting terjadi lagi, tapi obrolan kami pun terasa berbeda. Ada banyak topik-topik baru yang tidak hanya sekedar basa-basi apa kabar. Terlihat jelas bahwa kami sudah lebih memikirkan masa depan dan embel-embel yang mengikutinya di belakang. We do enter this phase, hope it won’t be the enternal crisis and we can pass this crisis well..

Juli

I’m graduated. Menyandang gelar S.Psi. bertarung di dalam ruang sidang, merasa semua yang sudah kupersiapkan melenceng dari perkiraan. Bukan suatu hal mudah menjalani yang namanya sidang skripsi. Buatku ini bukan ujian skripsi, tapi lebih cocok disebut uji mental. 2 jam lebih di dalam ruangan, dengan setengah jam terakhir diisi pertanyaan2 yang hampir membuatku menangis karena tidak bisa menjawab. Namun, semua itu seperti tidak terasa menakutkan lagi, saat aku keluar dan melihat 3 orang temanku yang  menunggu aku keluar dari ruangan itu. Itha, Roy, Dennis. Thanks a lot, friends, three of u make me feel better in that unexplained situation.

Agustus

Bali.. Here I come. Liburan ke Bali merayakan kelulusan membuatku melihat beragam manusia di sini. Setidaknya selama di Bali aku seolah melakukan observasi terhadap keadaan disekelilingku. Meskipun singkat dan kurang memuaskan, tapi akhirnya aku menginjakan kakiku di Bali lagi. And it really was my last long holiday before I got a job. Aku ingin suatu hari aku akan kembali lagi ke sini untuk liburan yang benar-benar panjang.

September

Welcome to the real world. Hari pertama kerja, bulan pertama kerja. Really miss school time. Kangen nongkrong lama2 di UPM, kangen bolak-balik kampus, kangen internet-an seharian, kangen tidur sampe siang. I really enter this phase. Saat itu pun aku yakin di fase yang baru ini akan ada begitu banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupanku. Aku pun sempat berpikir kalau mungkin aku akan sangat jarang bertemu dengan teman-teman sekolah maupun dengan teman-teman kuliahku. Hal ini membuat aku ingin menikmati setiap detik kebersamaan kami.

Oktober

Keep the orange and it’ll make u feel the freshness but it won’t last forever. Just throw the orange and it’ll make u one step ahead. Di bulan ini aku sadar kalau ternyata sesuatu yang disimpan terlalu lama itu, lama2 bisa busuk dan malah menghambat jalan kita untuk maju. Jeruk dan warna orange yang identik dengan kesegaran dan keceriaan. Jeruk itu jika dimakan maka akan membuat kita menjadi lebih segar. Namun, apa jadinya jika demi menyimpan kesegeran itu, lalu kita menyimpan jeruk itu tanpa dimakan dengan harapan suatu saat kita bisa memakannya lagi? Tentu jeruk itu akan busuk dan membuat kita mundur lagi satu langkah karena jeruk yang sudah busuk itu tidak bisa dimakan, kalaupun dimakan bisa saja membuat kita menjadi sakit perut. Mengingatkan mengenai perumpamaan virus kanker yang dibiarkan saja tanpa diberikan tindakan, lama-lama akan merembet kemana-mana. Kurang lebih, kedua perumpamaan ini mirip, intinya kita harus melakukan sesuatu agar bisa menjadi lebih baik. Bulan ini juga bertepatan dengan resminya aku menjadi alumnus dari jaket orange. Ada banyak cerita di selama 4 tahun kuliah, tapi aku gak boleh terlalu berlarut-larut memikirkan semua itu karena menengok terlalu lama menengok membuat kita juga susah untuk maju.

November

Level up, higher challenge. Semuanya seperti berulang seperti setahun sebelumnya, namun setidaknya tahun ini aku lebih siap dengan segala hal yang terjadi. Seolah aku telah dipersiapkan sebelumnya untuk menghadapi tantangan-tantangan berikutnya yang lebih berat. Seperti main game adventure, aku seperti dipersiapkan dengan senjata-senjata sebelum masuk ke level berikutnya.

Desember

A harmonious world begin in the mind.

Akhir tahun yang kututup dengan begitu manisnya. Banyak hal terjadi di penghujung tahun ini. Salah satunya adalah perjalanan kereta di hari natal yang rasanya menjadi liburan yang begitu mahal karena semua pengalaman ini benar-benar sangat berharga untukku. Dunia yang harmonis, kehidupan yang harmonis itu memang benar-benar berawal dari pikiran. Seperti yang dikatakan dalam ajaran salah satu ajaran Buddhis, ”Pikiran adalah pelopor” atau kata-kata dari salah seorang filsuf, ”corgito ergo sum” saya berpikir, maka saya ada. Segala sesuatu yang ada dalam pikiran kita, akan sangat mempengaruhi tindakan kita. Kejadian di kereta liburan natal kemarin, mengingatkan aku dengan ungkapan ”Harmonious World begin in the mind”, ungkapan yang aku lihat di tas seorang bapak-bapak tua di dalam busway dalam perasaan ’tersiksa’ yang kurang lebih mirip dengan keadaan di dalam kereta waktu itu.

Di bulan ini juga, banyak pengalaman-pengalaman menarik yang terjadi dan benar-benar tidak pernah kubayangkan bakal terjadi. Semuanya menambah cerita baru untuk dikenang. Thx buat semua orang yang uda menjadi bagian dari hari-hari ini dan membuat aku tetap berani menatap hari esok.

Acara tutup tahun di tahun ini pun benar-benar membuat aku back to nature. Meskipun ada yang berubah, meskipun ada yang berbeda, but I really apreciate it. Rasanya beda, berkumpul dengan mereka yang selalu menjadi bagian hari-hariku. Semoga tahun ini benar-benar menjadi tahun yang spektakuler untuk dikenang. I also prepare for the new coming year with a bunch of wishes that this year will be better. Happy new year all.

Last but not least: I really want to thanks for all of u who spending this year with me..

My Great Family.

Mei2&Eva (meskipun jauh, tp tetep setia chat ama g).

Vici, Sushi, Hengky, Jun, Carol, cupank, Irene (yg uda menjadi bagian dari setiap weekend g).

Aniet, Angel, Mesi, Kitin (speechless lah buat kalian).

Rendy, Itha, Roy, Dennis (yg berjasa bagi skripsi g).

Yunita, PK, Hangga, William, Felix, Handy, Charity, Nae, Novie, Thiar (yg uda menghabiskan detik2 menuju 2009 bareng, plus menciptakan drama yg keren bgt).

Sari, Chika, Hera, Monik. (yg sudah bertualang bersama ke Ciiwung).

All of UPMM yg banyaknya ga terhitung, Benk, Sylvi, Bondan, Janice, Herlin, Falin, Benny, Wanda, Melvina, Mega, Chris, Lenny, Fendy, Zsarin, Marvin, Ricky, Elis, Levina, Sisca (yg seangkatan, yg diatas, yg dibawah, semuanya yg uda berbagi, yg uda saling mengerti sepanjang tahun ini). Buat tmn2 pengurus 2008-2009, so sorry serti kalian blm g print.. datanya nyantol di PC g yg lg rusak.. ^^

Pipin (yg sering g ganggu by ym.. hehe.. ).

Tmn2 kantorku yg mantap2.

Stella, Dilla, Leo, Hendra (yg uda menjadi bagian dari refreshing g)

4 thoughts on “2009 Summary

  1. pasti bukan hal yang mudah untuk mampu merefleksikan tahun yang telah lalu secara lebih detail… ^^

    happy new year [again]

  2. Hahaha.. happy new year ping ! Semoga di tahun baru ini elo jadi semakin baik & semua target bs tercapai ^^.

    Gpp.. Jangan sungkan untuk ganggu g. hahaha..

    Good luck !

  3. wah dewi hebat masi inget hal2 yg terjadi sepanjang taon^^

    thanks for making me part of it😉

    gud luck buat taon 2010 yah!!

    happy new year😀

Leave a Reply

